Perkembangan Industri

Kalau membicarakan perkembangan industri yang makin pesat, kita tentu ingat pelajaran sejarah dimana terjadi perubahan atau revolusi besar-besaran di Inggris untuk industri. Akibatnya banyak sekali perubahan dalam sektor ekonomi, sosial, dan budaya yang terkena dampaknya. Bagaimana perjalanan perkembangan industri ?

perkembangan industri
perkembangan industri by http://www.iffresearch.com/

Peralihan Kekuatan Manusia Ke Mesin

Pada masa sebelumnya orang-orang masih menggunakan tenaga manusia untuk menghasilkan barang atau jasa. Karena barang yang dihasilkan tidak bisa cepat dan relatif mahal sehingga orang-orang mulai beralih menggunakan mesin dan mengganti tenaga manusia dengan mesin. Hal ini di mulai pada abad ke 18 sekitar tahun 1764 dimana seorang James Hargreaves dari Inggris menemukan mesin pemintal sehingga bisa membuat pintalan benang dengan sangat cepat. Selain itu banyak temuan-temuan lain dibidang mesin yang membuat industri menjadi lebih cepat. Di masa ini industri ini disebut Industri 1.0

Kemudian di abad ke 19, di mulai tahun 1870 industri semakin berkembang dengan ditemukannya banyak mesin-mesin yang menggunakan sumber energi yang lebih potensial dibanding dengan batu bara atau arang di Industri 1.0. Di tahap ini mulai bermunculan seperti sumber energi listrik, gas dan minyak. Ditambah lagi dengan temuan bahan-bahan berbahan kimia sintesis dan metode komunikasi seperti telegram, telephone, hingga transportasi. Di masa ini industri berada pada tingkat Industri 2.0

Baca juga:  Diderot Effect - Mengapa Kita Membeli Sesuatu Yang Tidak Dibutuhkan ?

Di abad 20, antara tahun 1969 industri semakin berkembang dan diberi nama industri 3.0. Hal ini ditandai dengan ditemukannya komputer sebagai cara baru dalam memproses dan membagikan informasi. Selain itu, ditandai juga dengan meningkatnya industri elektronik yang semakin mempermudak kehidupan manusia seperti resistor, hingga robot.

Realisasi Dunia Maya Di Industri 4.0 Dan Tantangannya.

World Economic Forum mengatakan di era ini kita memasuki Industri 4.0 yang disebut Cyber-Physical System dimana menggabungkan kekuatan manusia dan mesin ditandai dengan semakin berkembangnya Artificial Intelegence (AI), Biometrik, Smart home, Hingga pembaruan sumber energi baru.

Industri 4.0 memberikan gambaran baru untuk kehidupan kita di masa mendatang. Dimana batasan antara privasi, kesenjangan sosial, Keamanan masih menjadi permasalahan yang perlu di atasi. Di Industri 4.0 semua akan terasa mudah karena mudah terhubung satu sama lain, disisi lain menjaga privasi akan menjadi tantangan tersendiri. Perubahan penggunaan tenaga manusia ke mesin pintar akan membuat orang-orang yang belum melek tekhnologi harus mengejar ketertinggalan mereka.

Baca juga:  Sejarah Lambang Hati Yang Identik Dengan Cinta. Darimana Ya?

Industri 4.0 masih jauh dari kata sempurna, tentu saja ada positif dan negatifnya. Bijak-bijak memanfaatkan tekhnologi dan berbagi dengan mereka yang belum banyak mengenal tekhnologi bisa menjadi cara yang bisa diambil untuk mengurangi resiko dari industri ini.

Menurut kamu bagaimana ? apa sudah siap menghadapi tantangan global ekonomi ini ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim editor akan membantu menjawab pertanyaan kalian. Siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.forbes.com/sites/jacobmorgan/2016/02/19/what-is-the-4th-industrial-revolution/
https://www.desouttertools.com/industry-4-0/news/503/industrial-revolution-from-industry-1-0-to-industry-4-0
https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2016/04/05/why-everyone-must-get-ready-for-4th-industrial-revolution/#35f4967c3f90

KOTAK POS