Nature · Supplement

Beda Iklim Dan Cuaca. Nah Lho Apa Maksudnya ?

Ada yang tanya nih, eh iklim dan cuaca itu beda apa sama sih ? Kalau dari kata sih emang beda. Namun secara ilmu kondisinya seperti apa sih ? Masih banyak lho orang-orang di luar yang mengerti tapi jelasinnya masih susah untuk dua kata ini. Begini jawaban ilmiahnya !

Iklim vs Cuaca
Ikllm vs cuaca by http://lightningscience.com/

Iklim Dan Cuaca Dua Kata Berbeda Yang Mengecoh

Cuaca dilihat dari katanya mengacu pada keadaan atmosfer sehari-hari. Keadaan itu meliputi kondisi kelembapan, suhu maksimum, kecepatan angin, hingga tekanan atmosfer. Biasanya cuaca ini berhubungan dengan kondisi aktifitas alam yang mampu mempengaruhi aktifitas manusia dengan periode tertentu. Periode itu bersifat singkat bisa hitungan jam, harian sampai bulanan.

Lain halnya dengan Iklim yang bersihat lebih panjang dalam kisaran tahun atau rentang 30 tahun. Iklim kaitannya erat dengan perubahan kondisi rata-rata cuaca dalam skala tahun yang panjang. Iklim biasanya berhubungan dengan kondisi rata-rata kelembapan, curah hujan, sinar matahari, kecepatan angin ditambah faktor lain seperti kabut, badai, salju dalam wilayah dan kurun waktu tertentu.

Perkiraan Cuaca Dan Perkiraan Iklim

Perkiraan cuaca yang kita biasanya lihat ditelevisi membantu dalam memerirakan dan mempersiapkan kita menghadapi kondisi cuaca selama satu hari hingga satu bulan ke depan. Perkiraan cuaca akan menginformasikan ada tidaknya badai atau lebatnya curah hujan di area tertentu.

Perkiraan cuaca akurat atau tidaknya tergantung dari model data yang digunakan. Biasanya untuk rentang waktu satu minggu model yang digunakan adalah variable curah hujan, tekanan atmosfer, suhu, kelembapan di hari atau minggu sebelumnya lalu dilakukan perhitungan agar menghasilkan prediksi cuaca yang mungkin atau mendekati. Untuk rentang waktu bulanan, kondisi perkiraan cuaca biasanya akan mengambil variable yang lebih kompleks yaitu tambahan kondisi el nino, dan la nina

Perkiraan iklim lain ceritanya nih. Pertanyaan yang sangat sering ditanyakan pada perkiraan iklim biasanya menyangkut kondisi bumi secara detail seperti seberapa panas bumi, seberapa tinggi peningkatan air laut di bumi, atau bagaimana suhu bumi 50 hingga 100 tahun mendatang. Perkiraan iklim dilakukan tidak hanya berpengaruh pada kondisi wilayah saja, tetapi keseluruhan bumi dan perngaruh ekosistem di dalamnya. Sehingga perhitungannya jauh lebih kompleks dibandingkan dengan perkiraan cuaca.

Jadi sudah ngerti kan beda antara iklim dan cuaca. So, jangan terbalik lagi ya mengartikannya.

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan dalam kolom komentar. Tim editor akan membantu dalam menjawab pertanyaan kalian. Siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://curiosity.com/topics/whats-the-difference-between-weather-and-climate-curiosity/
https://oceanservice.noaa.gov/facts/weather_climate.html
https://www.britannica.com/story/whats-the-difference-between-weather-and-climate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s