Culture · History · Society

Filosofi Lykke – Cara Bahagia Orang Denmark. Seperti Apa Ya ?

Setiap negara pasti memiliki filosofi hidup yang berbeda. Filosofi hidup itu membantu orang-orang dalam menentukan tujuan hidup dan memperoleh kebahagiaan yang menjadi dambaan banyak orang. Seperti negara Jepang yang memiliki Ikigai, Bangsa Swedia yang memiliki Lagom, dan Sisu untuk orang Findlandia. Lain halnya dengan bangsa Denmark yang juga memiliki Filosofi bahagia, Seperti apa itu ?

lyyke filosofi hidup denmark
Lykke by http://www.thenerddaily.com

Orang Denmark Menyukai Kata Lykke Dibanding Bahagia !

Menurut orang Denmark arti kata Lykke itu adalah bahagia. Namun, kebahagian bagi banyak orang selalu diidentikkan dengan rasa senang, tawa, dan keriangan semata. Bagi orang Denmark kesedihan, kekecewaan, dan tangis bagi mereka juga disebut kebahagiaan.

Sebenarnya konsep ini tidak selalu berhubungan dengan kesenangan, tapi bagaimana orang-orang disana memaknai segala aspek dalam kehidupan mereka. Orang Denmark sangat menikmati waktu-waktu yang mereka miliki. Pada pagi hari mereka menaiki sepeda untuk pergi ke kantor, pulang pada pukul 5 sore dan mennghabiskan waktu 2 jam bersama dengan anak-anak di rumah. Kegiatan itu sangatlah sederhana dan bisa membuat mereka merasa bahagia.

Berdasarkan pada data World Happiness 2018, pada tahun 2017 Denmark menduduki peringkat ketiga sebagai negara paling bahagia di dunia, setelah Norwegia dan Findlandia. Kebahagaian yang mereka maksud adalah bagaimana mereka memaknai hidup dengan segala yang mereka miliki.

Elemen Lykke Milik Orang Denmark

Orang Denmark menganggap bahwa bahagia tidak selalu tentang suka cita. Tapi, bagi mereka ada hal-hal yang mendasari sebuah hidup dimana kita bisa memaknai hidup bukan dari kesenangan semata. 6 Elemen dari filosofi lykke di antaranya :

  1. Kebersamaan : Orang Denmark lebih memiliki jiwa sosial yang tinggi. Bagi mereka melakukan semuanya bersama-sama lebih menyenangkan dibanding melakukannya sendirian. Biasanya orang-orang akan pergi keluar dan menghabiskan waktu mengobrol dengan orang-orang setidaknya 30 menit.
  2. Uang : Orang Denmark tidak pernah menganggap tidak memiliki uang itu sangat menyedihkan. Bagi mereka orang yang memiliki banyak uang, tidak selalu merasa bahagia. Justru dengan banyak uang mereka menganggap akan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap hidup dan justru akan membuat hidup lebih stress bila tidak bisa sesuai dengan harapan itu.
  3. Kesehatan : Orang Denmark sangat menghargai kesehatan. Sama halnya dengan di Jepang, orang-orang di sana lebih banyak yang menggunakan sepeda dibanding dengan menggunakan mobil. Bukannya tanpa alasan, selain harga pajak mobil yang bisa mencapai 150% menggunakan sepeda jauh lebih sehat dan mengurai polusi udara di jalanan.
  4. Kebebasan : Di Denmark kebebasan merupakan hal yang membuat mereka bahagia. Bagi mereka bebas melakukan sesuatu yang mereka senangi seperti hobby bisa membantu mereka mengurangi rasa stress. Tidak hanya baik untuk mengasah kemampuan, tapi juga baik untuk kesehatan mental.
  5. Kepercayaan : Salah satu sekolah Di Denmark bernama
    Østerskov high school  memiliki kegiatan bermain peran dimana mereka bisa berganti peran satu sama lain. Hal ini bisa membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan sosial, rasa empati terhadap satu sama lain di berbagai tingkat situasi. Melatih mereka agar bisa membangun kerja sama dengan kepercayaan yang baik.
  6. Berbuat baik : Salah satu cara agar bisa merasa bahagia yaitu dengan berbuat baik. Melakukan setidaknya satu kebaikan seperti menyapa orang-orang asing di jalan bisa meningkatkan kebagaiaan. Alasannya kebahagian itu pada dasarnya disebarkan agar berdampak pada kebahagiaan diri sendiri. Salah satunya dengan berbuat baik.

Sudah tahu kan elemen-elemen kebahagiaan orang Denmark. Sudahkah kita melakukan salah satu dari point di atas ? Yuk mulai bahagia dengan memaknai hidup kita!

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar. Tim editor akan membantu mencari tahu jawabannya. Siapa tahu pertanyaan kalian akan membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.penguin.co.uk/articles/2017/meik-wiking-what-is-lykke/
https://www.telegraph.co.uk/health-fitness/mind/lykke-life-six-pillars-pf-happiness-found-across-globe/
https://www.forbes.com/sites/megykarydes/2018/01/29/how-to-lykke-like-you-mean-it/#586426c46557

5 tanggapan untuk “Filosofi Lykke – Cara Bahagia Orang Denmark. Seperti Apa Ya ?

  1. Salam mbak, sebagai pemula saya mau tanya aplikasi apa yg dipakai untuk menulis artikelnya? Apa ditulis via PC atau ponsel cerdas seperti yang saya gunakan? Skefo, saat ini saya memakai aplikasi google document untuk mengetik. Namun, barangkali mbak bisa sharing aplikasi yg lebih baik, mohon di share. Makasih.

    Suka

    1. salam mas, untuk aplikasai kami pakai wordpress.com dan di wordpress bisa dipakai baik di pc langsung atau di smartphone. Selamat mencoba dan berkarya! 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s