Culture · History · Society · Special Edition

Alasan Di Balik Hari Kasih Sayang Jatuh Pada 14 Februari – Yuk Baca Kisahnya!

Ketika berbicara tanggal 14 Februari selalu akan ada banyak sekali lambang cupid, hati, hingga coklat dan hadiah dimana-mana. Ya, pada bulan Februari selalu dikaitkan dengan bulan kasih sayang di seluruh dunia. Apa yang menyebabkan setiap tanggal 14 Februari menjadi ikonik dengan cinta ?

Hasil gambar untuk valentine day cartoon
Heart cartoon by https://www.askideas.com

Valentine Day Dan Kisah Saint Valentine

Dalam agama nasrani dikenal ada 3 nama orang suci dan salah satunya adalah Saint Valentine. Ada beberapa versi dari cerita tentang Saint Valentine ini.

Pertama, Ia menentang keputusan dari raja Romawi yang bernama Claudius II untuk melarang pria lajang untuk menikah. Sang Raja menganggap menikah dan memiliki keluarga tidak menjadikan mereka tentara yang lebih baik. Hal ini ditentang oleh Saint Valentine dan ia tetap melakukan pernikahan bagi laki-laki muda yang akhirnya menyebabkan ia di penjara dan dibunuh oleh sang raja.

Versi kedua dari cerita ini yaitu bahwa Saint Valentine membantu tahanan kerajaan Romawi dari penjara yang kejam. Ia merasa kasihan pada narapidana yang ada di tahanan karena mereka harus menerima siksaan dan pukulan tiap hari. Atas perbuatannya yang melanggar hukum tersebut, ia dipenjara dan akan dihukum mati. Pada saat ia ada di penjara, ia jatuh cinta pada seorang gadis yang membuatnya menulis surat cinta dengan akhiran “From your valentine” dan dipakai hingga sekarang.

Dari dua versi cerita yang berkembang, tidak ada satu pun yang masuk akal menurut kebanyakan orang.

Hari Valentine = Februari Penuh Cinta

Pada abad pertengahan bulan Februari ini dikenal sebagai bertemunya burung-burung dengan pasangan mereka. Hal ini sangat dikenal di wilayah Inggris dan Prancis. Sehingga memberikan mereka ide adanya ikon kasih sayang atau cinta pada pertengahan bulan februari.

Lalu tanggal 14 Februari ini, Pope Gelacius di abad ke 5 Masehi mengumumkan hari St. Valentine sebagai penghapusan dari tradisi Lupercalia. Lupercalia sendiri merupakan tradisi untuk menghormati dewa kesuburan dan dewa pertanian. Tradisi ini oleh bangsa kristen dianggap sebagai tradisi berhala hingga harus dihapuskan dan diganti dengan St. Valentine’s Day.

Itulah sebabnya mengapa hari valentine selalu berhubungan dengan hari kasih sayang. Adanya pergeseran makna pada tradisi yang dilakukan pada abad pertengahan, budaya ini kemudian menyebar kesegala penjuru dunia dan dirayakan dengan penuh cinta dengan pasangan. Walau sebenarnya kasih sayang ada di setiap harinya.

Bagaimana nih menurut kamu ? Apa kamu juga ikut ambil bagian memeriahkan hari dan bulan kasih sayang ini ? Apapun itu, tiap hari ingat untuk selalu berbagi kasih sayang ya!

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan mengenai wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim editor akan membantu mencaritahu jawabannya. Siapa tahu pertanyaan itu menjadi wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.britannica.com/topic/Valentines-Day
https://www.realsimple.com/holidays-entertaining/holidays/valentines-day/history-of-valentines-day
http://www.americaslibrary.gov/jb/modern/jb_modern_valentin_3.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s