Culture · History · Society

Pasta Gigi Itu Ternyata Masuk Barang Kuno – Kok Bisa ?

Pasta gigi yang kita pakai sekarang ternyata memiliki sejarah yang keberadaannya jarang diketahui. Nyatanya, orang zaman dahulu juga sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi lho ! Buktinya mereka membuat resep pasta gigi untuk menjaga agar gigi mereka tetap sehat. Apa sih yang dipakai oleh orang Mesir untuk membuat pasta giginya ?

Hasil gambar untuk history of toothpaste
Sejarah pasta gigi by https://www.realmofhistory.com

Pasta Gigi Pertama Resepnya Sangat Sederhana

Pada abad 5,000 SM orang-orang Mesir sudah memperhatikan apa yang berhubungan dengan kesehatan pribadi termasuk kesehatan gigi mereka. Berdasarkan papirus yang ditemukan resep pasta gigi ini dikatakan sangat sederhana karena bahan-bahannya juga dibuat dari sesuatu yang ada disekitar.

Orang-orang Mesir menggunakan bubuk lada, garam batu yang dihaluskan, daun mint dan juga bunga iris kering untuk membuat pemutihnya. Berdasarkan pernyataan dari asosiasi dokter gigi resep dari bangsa Mesir memang ampuh untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Tapi, resep itu juga bisa membuat gusi berdarah karena kandungan bahan yang cukup keras.

Tidak hanya di Mesir pada abad 500SM bangsa Romawi, Yunani, Cina dan India juga membuat pasta gigi untuk membersihkan gigi dan perawatan mulut. Resepnya juga berasal dari bahan yang alami seperti di Romawi menggunakan remahan tulang, dan cangkang kerang. Di Yunani mereka menggunakan arang, dan kulit kayu. Bahkan, di Cina mereka mencampurkan beberapa bahan mint, gingseng dan garam.

Dari Mana Pasta Gigi Itu Berasal ?

Resep pasta gigi yang berbentuk pasta berasal dari seorang dokter gigi bernama Peabody pada tahun 1824 menambahkan sabun pada pasta gigi untuk membuat gigi menjadi lebih bersih. Namun, agar bentuknya lebih lembut ia memberikan senyawa yang dikenal dengan sodium lauryn sulfate.

Lalu dengan perkembangan yang signifikan pasta gigi dikemas dengan bentuk wadah yang panjang pada tahun 1892 oleh Dr Washington Shiffeld. Pasta gigi terus berkembang hingga tahun 1914 yang ditambahkan dengan senyawa fluoride untuk membantu gigi terhindar dari kerusakan.

Jadi, awal dari sebuah penemuan biasanya berawal dari sesuatu yang sederhana dan terus berkembang hingga kita kenal pasta gigi yang saat ini dipakai. Menurut kalian bagaimana ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim Editor akan membantu mencari tahu jawabannya. Siapa tahu jawaban kalian membuka wawasan baru bagi banyak orang.

Source:
https://www.huffpost.com/entry/mouth-health-the-history_b_702332
https://www.speareducation.com/spear-review/2012/11/a-brief-history-of-toothpaste
https://www.realmofhistory.com/2018/04/09/oldest-recipe-toothpaste-ancient-egypt/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s