Society · Special Edition

#Pileg2019- Metode Saint Lague Dalam Penentuan Kursi Pemenangan.

#pileg2019 sudah dekat, Di Indonesia pesta demokrasi ini akan dilangsungkan tanggal 17 April 2019. Dalam pileg ini ada banyak partai yang mendaftar sebagai calon legislatif. Kurang lebih ada 14 partai politik. Tahukah kalian bagaimana cara mereka menentukan suara pemenangan dalam kursi legislatif nanti ?

#pileg2019-Metode Saint Lague
pileg 2019 by https://steemit.com

Pileg 2019 Dan Metode Saint Lague

#pileg2019 ini menggunakan metode saint lague dalam pemilihan suara saat pementuan posisi kursi di legislatif nanti. Penggunaan metode ini dirasa cukup adil bagi partai politik yang mengikuti kontes demokrasi itu untuk mendapatkan kursi di parlemen nanti.

Penggunaan metode perhitungan Saint Lague ini melalui 3 tahapan:

  1. menentukan jumlah suara sah dalam suatu daerah pemilihan
  2. melakukan pembagian jumlah suara sah tersebut dalam kelipatan ganjil seperti 1,3,5,7,9,dst
  3. hasil pembagian dari bilangan ganjil diurutkan berdasarkan jumlah terbanyak yang nantinya menduduki kursi pertama, kedua dan seterusnya.

Sistem ini akan diberlakukan karena metode saint lague ini dirasa lebih aman dan minim konflik dibandingkan dengan sistem perhitungan yang terdahulu. Setiap parpol yang mengikuti caleg 2019 sama-sama mendapatkan peluang untuk menjadi wakil rakyat. Hal ini dikarenakan partai dengan suara terkecil pun tetap bisa dihitung.

Walau begitu sistem ini tetap memiliki kelemahan dimana partai-partai kuat akan memiliki peluang yang besar memperoleh suara paling banyak dibandingkan partai-partai kecil.

Metode Saint Lague Dan Penemunya

Metode ini sebenarnya ditemukan oleh matematikawan Prancis bernama Andre Saint Lague. Ia mempublikasikan sistem ini pada tahun 1910an dalam pembagian alokasi kursi parlementer.Tujuannya adalah untuk mengurangi ketidakseimbangan dan ketidakadilan dalam pemilihan parlemen.

Sang penemu ini pernah sempat dipenjara pada masa perang dunia ke II karena aktif sebagai anggota perlawanan pada masa pendudukan Jerman saat itu. Ia juga mengajar bidang matematika dan menjadi profesor di Conservatoire national des arts et métiers (CNAM).

Semoga #caleg2019 nanti suasananya kondusif dan adil seadil-adilnya ya. Kamu menilainya bagaimana nih ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan tentang wawasan dunia bisa ditanyakan di kolom komentar. Kalian akan kami bantu menemukan jawaban dari pertanyaan itu. Siapa tahu pertanyaan kalian membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.britannica.com/topic/election-political-science/Plurality-and-majority-systems#ref416871
https://indonesiana.tempo.co/read/122986/2018/02/23/Mengenal-Sainte-Lague-

Satu tanggapan untuk “#Pileg2019- Metode Saint Lague Dalam Penentuan Kursi Pemenangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s