Nature · Supplement

Petir Langka – Memang Ada Ya ?

Petir sering kita lihat saat hujan atau badai datang. Petir yang kita lihat saat hujan memang berbahaya, karena di dalamnya terdapat aliran listik yang sangat besar. Tapi lebih dari itu ada jenis petir langka yang memang jarang terjadi, jika menambar petir ini bisa mematikan lho !

Petir Itu Positif Dan Negatif, Yang Sering Terjadi Apa Ya ?

Ternyata petir yang kita kenal itu memiliki medan positif dan negatif. Tapi, jika hujan tiba dan ada petir yang menyambar, petir itu memiliki kekuatan negatif. Kenapa begitu ?

Menurut prosesnya awan petir itu terdiri dari potongan es yang bertabrakan satu sama lain. Beberapa dari partikel es tersebut kehilangan elektron sementara yang lainnya mendapatkan elektron. Partikel yang mendapatkan elektron bermuatan elektron positif sedangkan yang kehilangan elektron bermuatan negatif. Partikel positif berada di bagian atas awan, sedangkan bagian bawah awannya bermuatan negatif.

Yang banyak terjadi di musim hujan adalah petir yang muatan negatif. Petir yang bermuatan negatif menghantam bumi berasal dari bagian bawah awan petir. Partikel negatif ini membawa elektron menuju ke tanah melalui air hujan yang berada di bagian bawah awan. Petir ini cenderung lebih singkat dan membutuhkan jarak yang relatif pendek untuk sampai ke tanah.

Petir Positif Memang Ada Dan Berbahaya

Berbeda halnya dengan petir positif, petir ini letaknya berada di bagian atas awan dan dikenal sebagai petir langka. Seperti yang disebutkan sebelumnya, awan yang terdiri dari partikel es dan bersinggungan membentuk partikel-partikel yang memisahkan diri menjadi positif dan negatif. Petir positif ini hampir jarang terjadi.

Petir ini membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tanah, tetapi jika meledak di tanah biasanya bertahan lebih lama. Jarak yang harus diambil ketika bagian atas awan menyentuh tanah biasanya ada berkilo-kilometer jaraknya. Ledakan ini biasanya disebut “Bolt from lighting”

Ledakan ini jarang terjadi karena membutuhkan udara atau angin yang cukup besar untuk bisa memindahkan partikel positif dibagian awan yang paling atas ke luar. Karena tenaga yang dibutuhkan besar untuk sampai ke tanah, tentu saja petir yang dihasilkan ini memiliki energi listrik yang berkali-kali lipat besarnya dibandingkan dengan petir negatif. Kekuatan yang dimiliki bisa mencapai 1 juta volt dan arus sebesar 300.000 Ampere. Dan diketahui petir ini membawa kerusakan dan kematian terbesar namun petir ini juga membantu menambah tenaga listrik alami di alam.

Kamu sendiri pernah lihat petir positif ini apa belum nih ? Masih mau bermain di luar jika ada petir ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa ditanyakan dalam komentar. Tim editor akan membantu menjawab pertanyaan kalian. Siapa tahu pertanyaan kalian membuka wawasan baru bagi banyak orang

Source:
https://www.weather.gov/jetstream/positive
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0074614208602776
http://www.weatherimagery.com/blog/positive-negative-lightning/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s