History · Society

Sejarah Bug Komputer – Serangga Beneran?

‘Bug’ jika di bahasa Inggris memiliki arti sebagai serangga yang mengganggu. Namun, hal ini berbeda dengan istilah yang ada di software atau program komputer. Para programer yang menemukan adanya masalah pada program mereka mengatakan error itu sebagai Bugs. Lalu sebenarnya dari mana asalnya kata bugs ini ?

Istilah ini dikemukakan oleh Thomas Alva Edison

Pada tahun 1873 istilah ‘bug’ digunakan oleh Edison ketika ia sedang membuat sistem telegram. Ia menemukan sebuah masalah pada sistem yang bangun dan kemudian menggunakan istilah ‘bugs trap’ untuk menyelesaikan  masalah yang tidak diingankan dari error sistem tersebut.

Istilah ini juga dia tuliskan pada jurnal yang Edison tulis pada tahun 1876 pada saat mengembangkan sistem multiplexing melalui kabel dan memberi istilah ‘bugs’ untuk masalah pada pengembangan sistem yang ia buat. Kemudian ia sering menggunakan istilah tersebut pada jurnal pribadi dan juga surat-suratnya yang berhubungan dengan masalah teknis.

Pada suatu ketika seorang reporter dari The Pall Mall Gazette mencatat dan merekam semua jurnal dan surat-surat yang ia tulis untuk di publikasikan pada tahun 1889.

“Mr. Edison … had been up the two previous nights working on fixing ‘a bug’ in his phonograph — an expression for solving a difficulty, and implying that some imaginary insect has secreted itself inside and is causing all the trouble.”

The Pall Mall Gazette

Sejak saat itu istilah ‘bug’ mulai dikenal dikalangan teknisi sebagai salah satu istilah teknik. Hingga pada tahun 1892, seorang Penulis dan Insinyur bernama Thomas Sloane mencatat istilah ‘bugs’ tersebut dalam kamus standart elektrik yang memiliki arti kegagalan atau permasalahan yang ada pada sambungan atau masalah pada komponen listrik.

Istilah ‘Bug’ Berkembang di Dunia Komputer

Istilah ini kemudian tidak hanya dipakai oleh teknisi saja, tetapi juga pada program komputer yang digunakan oleh seorang programer wanita bernama Grace Hopper. Grace Hopper juga dikenal sebagai wanita dengan gelar doktor pada bidang matematika yang bekerja sama pada Angkatan Laut Amerika serta sebagai penerima The National Medal Of Technology.

Ketika ia bergabung dengan Angkatan Laut Amerika, ia tergabung dalam team yang mengembangkan komputer yang dapat diprogram pertama bernama Havard’s Mark I tahun 1943. Pada saat itu terjadi masalah pada Havard’s Mark I dan Hopper menemukan adanya serangga atau ‘bug’ yang terperangkap pada panel kerja mesinnya. Setelah itu ia menuliskan pada jurnalnya bahwa masalah ‘bug’ ini sudah diselesaikan dan sejak saat itu mulai dikenal dengan ‘debugging computer programme’

Itulah kenapa kita sering mendengar istilah ‘bug’ pada seorang progrmammer ketika sedang mengerjakan programnya. Masih berfikir bahwa bug pada masalah komputer itu serangga ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa ditanyakan dikolom komentar. Pertanyaan kalian akan dibantu oleh tim editor untuk menjawabnya. Siapa tahu dari pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
http://sites.harvard.edu/~chsi/markone/crew.html
https://web.archive.org/web/20001020230006/http://www.history.navy.mil:80/photos/pers-us/uspers-h/g-hoppr.htm



http://sites.harvard.edu/~chsi/markone/crew.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s