Sejarah Bushcraft – Kegiatan Camping Yang Viral Akhir-akhir ini

Sejarah bushcraft mungkin tidak terlalu akrab ditelinga. Kegiatan bushcraft sendiri sudah ada sejak lama, namun istilahnya baru booming setelah kegiatan ini dikenal. Ini merupakan salah satu skill yang dimiliki oleh nenek moyang kita ketika hidup nomaden. Sejarah bushcraft ini dimulai ketika sekelompok orang menyadari betapa pentingnya skill untuk bertahan hidup seperti jaman-jaman kuno dulu. Kegiatan yang mengasah kemampuan seperti membuat api unggun secara alami, berburu hewan dan makanan di alam, serta kemampuan berlindung dari hewan dan keadaan yang darurat menjadi perhatian penting.

sejarah bushcraft
Bushcraft by https://twitter.com/bushcraftpartyb

Sejarah Bushcraft Di Abad Pertengahan

Sebelumnya pada sebuah penelitian yang dikeluarkan pada tahun 2016 menjelaskan bahwa istilah bushcraft belum ditemukan pada kamus bahasa Inggris Oxford sampai tahun 1871.  Namun penggunaan dari istilah ini belum digunakan secara meluas. Penggunaan istilah ini meluas pada masa kolonialisme sebagai cara untuk bertahan hidup akibat dari berpindah-pindah tempat tinggal. Pada masa kolonialisme orang-orang yang berpindah ini mengharuskan mereka memiliki keterampilan dalam membangun rumah, mencari bahan makan dan seni bela diri

Selain itu pada masa kolonialisme di barat banyak warga yang mengikuti perang dan pergi ke medan perang yang wilahnya masih asing. Hal tersebut membuat mereka perlu memiliki keterampilan dalam hidup di alam bebas atau semak-semak. Sehingga istilah bushcraft mulai dikenal.

Bushcraft di Era Modern

Tidak ada yang pasti kapan bushcraft dalam era modern ini dimulai, tiap tempat seperti di Amerika, Australia, Inggris bahkan negara lain mungkin memiliki waktu yang berbeda. Acara bushcraft yang terkenal ada pada siaran BBC yang dilakukan oleh Ray Mears di wilayah utara kanada. Kemudian, secara fantastis rating dari acara tersebut menjadi terkenal.

Bushcraft yang dilakukan tidak main-main, ia harus berada di tempat yang dingin selama beberapa minggu. Tidak hanya itu, pada serial-serial yang lain ia harus berada di wilayah hutan belantara seperti di Afrika atau wilayah yang memiliki cuaca yang ekstrim. Diketahui bahwa Ray Mears memiliki pengalaman kurang lebih 20 tahun di wilayah dingin Artik.

Orang yang melakukan hal semacam ini perlu memiliki keterampilan mumpuni sebelum dilepas di hutan belantara atau alam bebas. Bushcraft sendiri tidak serta merta ada,namun perlu dipelajari untuk bisa memiliki keterampilan bertahan hidup di ‘semak-semak’. Oleh karena itu, pada era modern yang segalanya serba praktis, memiliki keterampilan yang seperti ini sangatlah penting. Siapa saja sih bisa mencoba dan mempelajari keterampilan ini. Apa kamu salah satunya?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa ditanyakan dikolom komntar. Tim editor akan membantu menemukan jawabannya. Siapa tahu pertanyaan kalian membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.telegraph.co.uk/culture/tvandradio/6409585/Ray-Mears-on-bushcraft-and-reckless-broadcasters.html
https://www.parkwoodoutdoors.co.uk/centre/dolygaer/News/47/bushcraft-who-what-when-where-why-and-how