Nature · Supplement

Warna Biru Dikenal Langka Di Alam. Kok Bisa ? Ini Penelitiannya.

Warna biru di alam dikenal memiliki daya pikat yang mengagumkan. Warna ini secara psikologis membawa kedamaian dan ketenanga bagi seseoranng yang melihat. Tapi dibalik warna yang mengimspirasi banyak hal di dunia ini, warna ini nyatanya dikenal sangat langka di alam. Bagaimana bisa ?

Warna Biru
Kupu-kupu warna biru by http://dinocro.info

Warna Biru Dan Proses Terbentuknya

Di alam pembentukan warna bisa terjadi melalui 2 cara. Cara pertama melalui proses fisika dan proses biologi. Proses yang terjadi melalui biologi merupakan cara bagaimana warna ini yang ditemukan berupa pigment. Pigment biru ini yang dianggap paling jarang dan langka terjadi pada hewan ataupun tumbuhan.

Biru yang kita lihat pada tanaman atau tumbuhan merupakan hasil dari proses fisika murni. Proses fisika ini dinamakan Structural ColorStructural Color ini melibatkan cahaya yang memantul pada permukaan kulit/permukaan luar dari tanaman atau hewan. Cahaya ini berinteraksi dengan struktur sel pada makhluk tersebut yang kemudian diproses dengan dasar optikal seperti refleksi, refraksi, interferensi, difraksi dan penyebaran warna struktural tersebut,

Biru dikenal sebagai warna yang sangat terang sehingga mudah dilihat oleh siapa saja. Proses yang terbentuknya pigmen biru pada makhluk dianggap paling jarang ditemukan di alam. Hal ini disebabkan karena hewan dan tumbuhan mudah menyerap warna ini sehingga dalam proses penyebaran warna terlihat lebih sedikit. Selain itu, panjang gelombang yang dihasilkan dari proses biologi pigment biru dianggap paling pendek dibanding warna yang lainnya.

Warna Biru Pada Tanaman Dan Hewan

Hewan dan tanaman yang memiliki pigment biru jelas dikatakan sangat jarang dan langka. Tapi keberadaan mereka bukan berarti tidak ada. Salah satu hewan yang memiliki pigment biru yaitu Kupu-kupu Olivewing. Sedangkan tanaman yang menghasilkan pigment tersebut masih belum ada.

Kupu-kupu olivewing banyak ditemukan di hutan tropis seperti di daerah Mexico, Panama, Venezuela dan sekitarnya. Kupu-kupu ini menghasilkan sayap biru yang berasal dari pigment yang dibuat di dalam tubuhnya. Berbeda dengan tanaman, biru yang dihasilkan bukan dari pigment melainkan proses pembentukan yang dibantu oleh anthocyanin yang berwarna merah. Anthocyanin ini berubah menjadi biru dengan bantuan elemen PH tanaman, ion dan beberapa molekul sehingga tercipta warna buru tersebut.

Jadi masih menganggap biru pada bunga mawar atau hewan itu benar-benar alami dibuat dalam tubuhnya ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Pertanyaan kalian akan tim editor bantu dalam mencari jawabannya. Siapa tahu dari pertanyaan itu, membuka wawasan bagi banyak orang. 

Source:
https://www.scienceabc.com/nature/why-is-blue-difficult-to-find-in-nature.html
https://www.mnn.com/your-home/organic-farming-gardening/stories/the-science-of-blue-flowers
https://www.mnn.com/earth-matters/animals/blogs/why-blue-such-rare-color-among-animals

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s