Culture · History

Kuil Matahari Konark – Salah Satu Bukti Kehebatan Seni Arsitektur Di India.

Kuil Matahari Konark merupakan salah satu kuil di India yang menggunakan tekhnik pahatan batu pada dindingnya. Tekhnik yang sama dipakai pada pembangunan kuil kailasa di India. Kuil matahari konark ini terletak di India timur bagian Odisha. Kuil ini dibangun dibagian sudut di timur laut wilayah Puri dan ditujukan untuk Dewa Surya atau Dewa Matahari.

Konark Sun Temple
Konark Sun Temple by http://www.india.com

Kuil Matahari Konark Dan Sejarah Dibagunnya

Konark sebenarnya berasal dari kata Kona (Sudut) dan Ark (Matahari). Kuil ini dibangun untuk dewa matahari. Dibangun pada abad ke 13 dan disekitar mulut sungai Chandrabhaga. Kuil ini dibangun oleh Raja Narashimhadev I yang melibatkan 1200 pengrajin selama 12 tahun (1243-1255).

Kuil Matahari Konark ini dibangun seperti model kereta perang dewa matahari. Kuil ini diibaratkan seperti kereta yang menggantung di udara. Bangunan ini memiliki 24 roda berukir yang masing-masing memiliki diameter 3meter. Selain itu 24 roda jika dibuat berpasangan akan seperti hitungan bulan dalam satu tahun. Lalu, arsitektur yang dibuat dengan betuk kereta itu ditarik dengan 7 ekor kuda yang melambangkan banyaknya hari dalam satu minggu.

Konsep arsitektur yang dibangun oleh bangunan itu cukup kompleks. Dibagian kuil terdapat ‘dance hall’ yang berisi ukiran tentang alam, manusia, musik dan tarian. Di bagian atasnya terdapat magnet yang ditumpuk dengan lempengan besi, namun karena mengganggu navigasi kapal sehingga magnet ini dihilangkan. Terdapat tiga bagian dari bangunan ini Vimana yang merupakan bagian utama dan untuk rumah para dewa, kemudian ada Jagamohana untuk tempat persembahan dan Nirtya-mandapa yang dikenal dengan tempat menari.

Kuil Matahari Konark Dan Legendanya.

Kuil ini keindahannya tidak diragukan lagi. Unesco sempat menobatkan kuil ini sebagai World heritage list tahun 1984. Letaknya yang dekat dengan pantai membuatnya memiliki keindahan sinar matahari di saat pagi, siang dan sore hari. Di bagian kuil terdapat gambar dewa Surya yang terlukis di sisi yang berbeda ketika menangkap sinar matahari pagi, siang dan sore.

Tujuan dari pembanganunan berkaitan dengan legendanya. Pembangunan ini digunakan sebagai kuil pemujaan dewa matahari. Saat itu sang Raja Narasimhadev mendapat hukuman akibat kekecewaan Narada dimana dia membuat anak Sri Khrisna, Samba, menderita kusta. Karena anak Sri Krisna dinyatakan tidak bersalah akibat tuduhan yang dinyatakan membuat Raja Narasimhadev harus mengasingkan diri ke hutan Maitreyi selama 12 tahun.

Disana ia menemukan ketenangan di sebuah sungai dan bertemu dengan dewa Surya. Demi menyenangkan dewa Surya ia membangun kuil itu dengan mengambil lokasi dekat sungai Chandrabhaga. Lokasi tersebut dikenal sangat tenang dan memiliki sinar matahari yang baik. Selain itu, lokasi itu dianggap lokasi yang mudah dalam membawa arus barang bangunan.

Kuil Ini begitu luar biasa bagi seni arsitektur. Menurut kalian bagaimana ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa ditanyakan di kolom komentar. Editor akan bantu untuk mencari jawabannya. Siapa tahu pertanyaan kalian membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.india.com/news-travel/did-you-know-these-amazing-facts-about-the-konark-sun-temple-3236544/
http://www.thekonark.in/konarkhistory.html
https://www.culturalindia.net/indian-temples/konark-temple.html
https://whc.unesco.org/en/list/246

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s