Cara Meningkatkan Memori

5 Cara Meningkatkan Memori – Nggak Perlu Obat Lho !

Cara meningkatkan memori secara alami memang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Namun, cara ini efektif lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat. Penggunaan obat perlu memperhatikan kondisi fisik dari pengguna. Ada sebagian orang yang relatif lebih rentan terhadap jenis obat tertentu karena kandungan bahan di dalamnya. Lalu, bagaimana cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan memori ?

Cara Meningkatkan Memori Cara Meningkatkan Memori by memorizebest.com

Cara Meningkatkan Memori Dan Cara Otak Mengingat

Sebelum kita mengingat informasi yang didapat, otak melakukan kegiatan yang disebut SinapsisSinapsis merupakann proses otak dalam mengirimkan sinyal ke syaraf otak mengenai infomasi yang dilihat atau dialami oleh kita. Lalu proses itu dilanjutkan dengan konsolidasi memori dimana informasi yang diambil tersebut disimpan di dalam otak. Proses konsolidasi ini membantu otak dalam memberi label pada setiap kejadian.

Dan proses mengingat disebut Retrieval memori dimana proses ini memanggil kembali memori yang disimpan di otak. Proses ini sering sekali kita gunakan ketika kita tidak ingat atau tidak mengenali suatu kejadian. Ia akan memanggil kembali penggalan informasi yang tersimpan di dalam otak. Bagian otak yang bertanggung jawab atas proses megingat ini bernama Hippocampus

Cara Meningkatkan Memori Dengan 5 Kegiatan Ini.

Tidak harus menggunakan obat kok untuk meningkatkan memori. Ada beberapa kegiatan memory booster yang bisa dilakukan.

  1. Membaca Buku
    Siapa bilang membaca itu buat orang kutu buku saja. Kegiatan membaca ini bisa menajamkan ingatan dan melatih imajinasi. Kegiatan membaca banyak menggunakan ingatan seperti mengingat alur cerita, kosakata bahkan sampai melatih nalar dan imajinasi apa yang dibaca. Kebanyang dong kalau tidak ingat dan tidak mengerti apa yang dibaca.
  2. Tidur Dan Relaksasi
    Dalam sebuah jurnal tahun 2007 menyebutkan adanya kaitan antara tidur dengan kinerja otak dan memori jangka panjang. Penelitian itu menjelasankan adanya hubungan antara kurang tidur dengan tingkat penurunan kemampuan mengingat, pengambilan keputusann dan analisa serta penurunan kemampuan kognitif. Hal ini bisa terjadi di semua usia, Itulah alasan begadang baik untuk pekerjaan ataupun belajar tidak baik dilakukan.
  3. Berolahraga
    Dengan berolahraga kita bisa mengurangi stress dan membuat tubuh lebih fresh setelah berkeringat. Berolahraga dipercaya bisa meningkatkan kadar hormin endorpin, atau kebahagiaan. Selain itu, berolahraga juga bisa mengurangi resiko demensia, mempelancar oksigen ke otak, dan merangsang koneksi syaraf yang baru.
  4. Bersosialisasi
    Namanya manusia pasti ada kebutuhan sosial di dalamnya. Dengan bersosialisasi orang akan merasa terhubung secara psikologis yang membuatnya merasa tidak sendirian. Salah satu faktor penyakit jantung dan demensia adalah adanya perasaan kesepian yang melanda seseorang. Jadi, pentingnya bersosialisasi untuk meningkatkan kemampuan megingat juga dibutuhkan.
  5. Membuat Jurnal
    Selain membaca, membuat jurnal di akhir hari juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan memori. Dengan membuat jurnal, kita membiarkan diri kita untuk belajar mengingat hal-hal yang sudah terjadi dalam satu hari. Ini juga bentuk latihan otak selain bermain TTS atau scrable. Menulis juga membuat otot-otot tangan dan otot di sekitar otak ikut bekerja sehingga baik untuk kesehatan otak juga.

Setelah membaca ini, ayo mulai mencoba hal di atas. Daripada mengkonsumsi obat yang belum tentu cocok, bukan kah hal alami masih lebih baik.

Bagi kamu yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Karena pertanyaan kamu akan kami bantu untuk cari jawabannya. Siapa tahu dari pertanyaan itu, bisa membuka wawasan baru bagi banyak orang.

Source:
www.huffingtonpost.com
www.helpguide.org

COMMENTS (1)

  • comment-avatar

    […] dirasakan maka otak akan mengingat dengan mudah jika kondisi itu datang kembali. Kita bisa membuat jurnal harian dengan menulis apa yang dirasakan. Hal ini bisa membantu kita mengenali kondisi emosi dan […]

  • %d bloggers like this: