Cano Cristales

Cano Cristales – Sungai 5 Warna Yang Menakjubkan ! Bagaimana Bisa Ya ?

Cano Cristales merupakan sungai yang memiliki 5 warna air. Sungai ini terletak di Negara Colombia, Amerika Selatan. Kalian pasti menyangka ini merupakan sungai yang dibuat oleh manusia. Sayangnya, Sungai 5 warna ini terbentuk secara alami dan bukan sebagai sungai buatan. Apa dan Bagaimana sungai ini bisa dibentuk ?

Cano Cristales Cano Cristales By za.fotolia.com

Cano Cristales Dalam Sejarah Kelam

Sekilas jika dilihat, sungai ini lebih mirip sungai yang airnya terkontaminasi bahan cat. Tapi, uniknya cano cristales ini air murni yang mengalir dari pegunungan. Sungai ini terletak di pegununganSierra de la Macarena. Sungai ini memiliki banyak air terjun kecil, bebatuan dan lubang dalam air yang membuat aliran air sungai ini deras.

Awalnya tidak ada yang tahu tentang keberadaan sungai ini, letaknya sangat tersembunyi dan pada akhirnya ditemukan oleh penduduk pedalaman sekitar sungai. Kemudian, tahun 1969 barulah orang dari luar pedalaman menemukan sungai ini ketika mereka menggembalakan sapi.

Wilayah ini sempat mengalami pelarangan kunjungan ketika sekelompok mafia menyita wilayah pedesaan di dekat sungai ini. Wilayah desa yang tersita dijadikan lahan untuk wilayah penanaman kokain dan perdagangan terlarang, hingga tahun 2002 pemerintah colombia memberantas kelompok ini dan membuka kembali jalan menuju sungai ini.

Wilayah di sungai ini cukup terjal dan masih berada di kawasan hutan nasional di negara Kolombia. Namun perjalanan yang melelahkan dan penuh rintangan ini akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan dari sungai 5 warna ini. Sungai ini bisa menjadi berwarna merah, kuning, biru, hijau dan hitam karena adanya tanaman langka endemik wilayah ini bernama Macarenia clavigera.

Tanaman ini merupakan tanaman endemik air yang hidup di wilayah dengan level air yang cukup dan sinar matahari yang cukup pula. Tanaman ini bisa mempertahankan warna cerah berwarna merah tua atau pink. Uniknya tanaman ini bisa berubah warna menjadi hijau, kuning, atau biru jika di wilayah sungai yang teduh.

Cano Cristales Dan Akses Wisata

Untuk melakukan perjalanan ke sungai ini dianjurkan agar para wisatawan membawa banyak air, karena jalan menuju ke sungai ini ditempuh dengan jalan kaki dan memasuki area hutan lindug nasional. Para wisatawan bisa melanjutkan penerbangan dari Bogota menuju desa di De La Macarena.

Di wilayah ini sudah disediakan pemandu lokal yang berlisensi karena wilayah ini melibatkan ekosistem alam yang dilindungi, sehingga para wisatawan dan pemandu diwajibkan menjaga kelestariannya. Wisatawan akan berjalan kaki di hutan yang tropis, menuju ke sungai indah di ujung hutan.

Dianjurkan agar wisatawan mengunjungi wilayah ini pada bulan Juni-November. Pada waktu ini merupakan bulan dimana sungai berubah menjadi warna-warna yang mengagumkan.

Source:

news.algaeworld.org
www.bbc.com
theculturetrip.com

COMMENTS

%d bloggers like this: