Terowongan Di Kutub Selatan – Tempat Ini Menjadi Misteri Para Peneliti. Kok Bisa ?

Terowongan di kutub selatan ini memang menimbulkan misteri. Banyak yang bertanya akan adanya terowongan yang disebut blue tunnel ini. Tinggi dari terowongan ini hampir sama dengan tinggi menara Eifell di Paris lho. Apa sih misteri yang ada di dalam terowongan di kutub selatan ini ?

Terowongan Di Kutub Selatan
Blue Tunnel Antartice by http://www.pinterest.com

Terowongan Di Kutub Selatan Yang Misterius

Bagaimana bisa terowongan ini membuat menjadi sangat misterius. Ya, terowongan ini memiliki tinggi hampir setinggi menara Eifell di Paris, dimana tingginya kurang lebih 250 Meter. Bisa dibilang terowongan ini memiliki tinggi 4x dari tinggi tower bridge.

Terowongan ini terletak di wilayah Antartika Barat. Penelitian terowongan ini dilakukan oleh peneliti dari UK University dan British Antartic Survey Base. Mereka melakukan penelitian menggunakan pesawat yang di desaign dengan remote sensor agar peneliti bisa mengetahui kondisi dataran, laut hingga es yang ada di sana.

Terowongan ini dibentuk akibat adanya rembesan lelehan es yang mencair dari bagian dasar es. Kemudian, lelehan air itu bergabung dengan aliran es yang ada di dalam lautan dan juga dari dataran. Asumsi awalnya bahwa air yang mengalir di bagian dasar es di atas dataran lebih tipis dan terus menerus. Namun hasilnya bertolak belakang dengan asumsi awalnya dimana menunjukkan bahwa lelehan es mengalir di bawah saluran yang terkosentrasi.

Terowongan Di Kutub Selatan Menjadi Acuan Dari Perubahan Iklim

Dari hasil penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun, peneliti memiliki anggapan bahwa terowongan ini bisa menjadi acuan akan adanya perubahan iklim di dunia. Bagaimana bisa begitu ?

Es kutub selatan bisa menjadi indikator perubahan iklim dimana semakin panas suhu bumi maka kondisi bongkahan es di sini akan semakin menurun. Dengan kata lain es yang meleleh akan mempengaruhi masa air laut dan air tawar sehingga permukaan air laut akan naik. Selain itu, kondisi es yang ada di dekat terowongan ini mempengaruhi saluran-saluran air tawar dan gelombang air laut di dekatnya.

Jadi untuk menjaga kondisi es di kutub selatan tetap dalam keadaan baik, ada baiknya mencegah terjadinya pemanasan global. Bagaimana menurut kalian ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim editor akan membantu menjawab pertanyaan kalian. Siapa tahu pertanyaanmu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.dailymail.co.uk/news/article-2733203/Tunnels-tall-Eiffel-Tower-discovered-Antarctic-ice-sheets.html
View story at Medium.com
http://www.livingist.com/tunnels-as-tall-as-the-eiffel-tower-discovered-under-antarctic-ice-sheets/2/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s