Metode PERMA – Temukan Bahagiamu Di Sini.

Metode PERMA mungkin belum terlalu familiarr di dengar. Namun, metode ini dipakai untuk mencari kebahagiaan pribadi. Jika orang Jepang memiliki cara menentukan kebahagiaan, begitu juga dengan orang Swedia maka metode ini hampir sama dengan keduanya. Seperti apa dan bagaimana itu metode PERMA ?

Metode Perma
Metode Perma by http://www.scottbharris.com.au

Metode PERMA Ternyata Singkatan !

Siapa sangka metode ini ternyata berasal dari singkatan. Metode ini ditemukan dan dikemukakan oleh seorang psikolog bernama Martin Seligman yang mengatakan bahwa ada 5 elemen penting yang dibutuhkann individu agar bisa bahagia.

  • P- Positif Emotion (Emosi Positif)
  • E- Engagement (Minat)
  • R – Relationship (Hubungan)
  • M – Meaning (Arti)
  • A – Achievment (Pencapaian)

Model ini bisa dipakai untuk banyak hal baik itu dalam suatu keluarga, hubungan kerja, bisnis atau yang lainnya. 5 elemen ini memang sangat diperlukan dalam peningkatan kebahagiaan seseorang.

Untuk bahagia kita perlu emosi positif yang membawa kita pada rasa syukur. Kemudian, kita perlu menemukan minat yang disenangi/hobi agar kita bisa menyalurkan emosi negatif menjadi positif. Dengan energi positif dan minat kita bisa mengembangkan hubungan baik kepada sesama yang membawa kita pada arti hidup yang baik. Tidak hanya itu dengan menggabungkan minat, emosi positif dan hubungan yang baik kita menemukan tujuan hidup dan mencapai apa yang disebut tujuan akhir individu.

 

Metode PERMA Merupakan Bagian Dari Psikologi Positif

Ternyata psikologi positif sudah lama ada lho! Psikologi positif merupakan ilmu yang mempelajari hal yang membuat hidup lebih bermakna. Psikologi positif ini memandu orang untuk berfokus pada kekuatan yang dimiliki dibandingkan dengan kelemahannya.

Positive psychology is the scientific study of what makes life most worth living. It is a call for psychological science and practice to be as concerned with strength as with weakness; as interested in building the best things in life as in repairing the worst; and as concerned with making the lives of normal people fulfilling as with healing pathology.

Jika dilihat dari ranking World Happiness Record Indonesia menduduki peringkat 96 dari semua negara di dunia. Angka kebahagian yang didapat ini dipengaruhi oleh kepuasan hidup masyarakat Indonesia terhadap pendapatan dan kepuasan dari sektor lain seperti pendidikan, sarana dan prasarana, dan lainnya.

Banyak yang sudah menerapkan psikologi positif ini di Indonesia, sebagai cara manangai masalah kesehatan mental. Tidak hanya itu, psikologi positif juga bisa digunakan untuk mengurangi tingkat pemakaian obat-obat anti depresan yang memiliki efek sampaing. Kamu sendiri bagaimana ? Mau mecoba psikologi positif juga ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Nanti tim editor akan membantu mencari tahu jawabannya. Siapa tahu pertanyaan kalian bisa membuka wawasan baru bagi banyak orang.

Source:
https://positivepsychologyprogram.com/perma-model/
https://curiosity.com/topics/the-perma-model-is-a-five-part-approach-to-finding-happiness-curiosity/
https://www.mindtools.com/pages/article/perma.htm
https://www.scottbharris.com.au/perma-the-happiness-model-thats-kicking-our-goals/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s