Bunga Giant Hogweed – Tumbuhan Ini Bisa Membakar Orang ! Percaya Atau Nggak Nih ?

Bunga Giant Hogweed bukanlah tanaman yang menyeramkan. Tanaman ini jika dilihat sangat cantik dan menawan. Ia memiliki kelopak yang cantik, namun siapa sangka kecantikan bunga itu tersembunyi hal yang tidak terduga. Tanaman ini awalnya ditemukan di wilayah New York dan keberadaannya menyebar hingga ke benua Eropa. Bagaimana bisa bunga cantik ini bisa mengerikan ?

Bunga Giant Hogweed
Bunga Giant Hogweed by http://www.dec.ny.gov

Bunga Giant Hogweed Si Beauty And The Beast

Bunga cantik namun berbahaya cukup bisa dianalogikan dengan beauty and the beast. Bunga ini dari luar terlihat menawan dengan kelopak yang besar berwarna putih. Sekilas tidak tampak seperti bunga yang berbahaya, namun kandungan yang terdapat pada getah bunga ini tidak biasa.

Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 5 meter. Batangnya berwarna hijau dan ada bintik merah gelap yang bervariasi sepanjang 3-8 cm. Sealin itu pada batangnya sedikit berbulu. Yang berbahaya dari tanaman ini adalah getahnya.

Jika kamu bersentuhan dengan getahnya, maka bisa dipastikan kulitmu akan kemerahan. Kemerahan pada kulit itu bisa diperparah apabila terkena sinar matahari/cahaya. Getah dari Giant Hogweed ini mengandung racun yang bersifat forotoksin, dimana racun ini semakin berbahaya jika terkena sinar.

Kandungan racun yang bernama furocoumarins ini sangat sensitif terhadap sinar matahari dimana senyawa ini bisa mengikat DNA dalam tubuh. Apabila terkena senyawa ini dan tepapar sinar matahari maka senyawa ini akan mengikat DNA yang pada akhirnya membuat sel-sel kulit mati dan tidak mampu menahan sinar matahari yang mengenai kulit.

Bunga Giant Hogweed Dan Penanganannya

Hal yang perlu dilakukan adalah menjauhi tanaman ini. Penanganan lain jika tidak dan sudah terlanjur terkena racunnya, pastikan segera mencuci kulit yang terkena racun itu. Cuci dengan sabun dan air dingin serta jangan terkena sinar mtahari selama 2 hari.

Penyebaran dari tanaman ini banyak di wilayah Amerika, Benua Eropa, Pegunungan Kaukakus, dan Asia Barat Daya. Sampai sekarang peneliti masih mempelajari bagaimana tanaman ini bisa menyebar. Tanaman ini biasanya tumbuh di lahan liar, taman, dan di tepian sungai. Apakah tanaman ini pernah terlihat di Indonesia ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Nanti tim editor akan membantu mencari tahu jawabannya. Siapa tahu pertanyaanmu membuka wawasan baru untuk orang lain.  

Source:
https://www.mirror.co.uk/news/uk-news/what-giant-hogweed-warning-uk-6039614
https://www.cbsnews.com/pictures/giant-hogweed-8-facts-you-must-know-about-the-toxic-plant/4/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s