Narsis Pada Orang Tua Bisa Terjadi Lho ! Kenali Tandanya Agar Lebih Waspada.

Narsis pada orang tua itu apa mungkin ? Kenyataannya narsis tidak hanya terjadi pada anak muda, atau orang dewasa saja. Kondisi ini juga terjadi pada orang tua yang ternyata bisa berdampak pada anak-anak yang dibesarkannya. Kondisi pada orang tua yang mengalami narsis ini bisa terjadi karena latar belakang keluarga, pola asuh terdahulu atau kondisi psikologis pada orang tua tersebut.

Narsis pada Orang Tua
Narsis pada Orang Tua by http://www.narcbrain.com

Narsis Pada Orang Tua = Ancaman Kebahagian

Siapa yang menyangka bahwa narsisme pada orang tua bisa membawa ancaman bagi kebagiaan anak-anak. Pada seuah jurnal psikologi yang ditulis oleh Carrie Henschel M.A pada tahun 2014 menyatakan bahwa pola asuh narsisme pada orng tua bisa membawa dampak yang besar bagi perkembangan psikologi dari anak-anak sampai ia dewasa. Pada pola asuh orang tua yang narsis akan tercipta kondisi otoriter, dan lingkungan yang kurang dengan empati yang berdampak pada perkembangan anak-anak.

Efek yang ditimbulkan dari pola asuh orang tua yang mengalami narsisme bisa bermacam-macam. Dampaknya antara lain :

  1. anak tidak mampu mengenali dirinya dengan baik. Hal ini karena adanya seringnya orang tua mengontrol apapun yang mereka lakukan.
  2. Anak kurang memiliki empati terhadap orang lain. Kondisi ini terjadi karena orang tua tidak memberikan empati pada mereka sebagai manusia dan lebih berfokus pada apa yang mereka lakukan.
  3. Anak tidak bisa memiliki rasa percaya diri, sehingga mereka lebih percaya bahwa image yang dikatakan orang lain lebih penting daripada kondisi diri sendiri.
  4. Anak akan merasa sebagai alat dan secara emosional merasa kesepian sehingga berdampak pada hubungan orang tua dan anak di masa mendatang.
  5. Anak memungkinkan mengulang pola asuh orang tuanya karena ia tidak memiliki gambaran orang tua yang baik selain orang tuanya.

Kondisi orang tua yang memiliki pola asuh narsis memiliki efek yang banyak lagi. Selain itu kondisi ini bisa menurun pada pola asuh selanjutnya jika tidak dikenali sejak dini. Kondisi ini juga bisa mengancam kebahagian anak dan merebut haknya sebagai individu.

Narsis Pada Orang Tua Perlu Dikenali

Narisi pada orang tua memang tidak mudah dikenali dan dilihat. Hal ini sering kali tertutup oleh image ‘topeng’ yang dimunculkan di depan. Seperti yang dikutip dari lafehack.org ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Cenderung bersikap otoriter : Kondisi orang tua yang seperti ini tidak hanya otoriter terhadap apa yang ingin dilakukan anak tetapi otoriter sampai ke hal-hal kecil. Jika anak sudah dewasa orang tua narsis akan banyak mengambil keputusan pada masa depan anak dibanding dengan si anak.
  2. Sering membandingkan dengan saudara si anak. Jika kemauan si orang tua narsis tidak dituruti sering kali si anak akan dibandingkan dengan anak yang mau menuruti kemauannya. Hal ini bisa memicu rasa iri dan permusuhan antar saudara.
  3. Sering memanipulasi keadaan yang sebenarnya. Untuk menutupi kesalahannya terkadang orang tua yang narsis akan membuat keadaan berbalik. Si orang tua akan memanipulasi keadaan dimana ia akan terposisi sebagai ‘korban’ dibanding dengan mengakui kesalahan dan memperbaiki.
  4. Orang tua hanya perduli terhadap dirinya sendiri. Si orang tua narsis tidak perduli dengan perasaan anaknya, dan apabila si anak mendapatkan prestasi tak jarang mereka akan berkata bahwa itu ada banyak andil mereka di dalamnya.
  5. Orang tua yang narsis sebenarnya memiliki kepercayaan diri yang rendah. Mereka akan menutupi kekurangannya dengan memunculkan kelebihannya di depan umum. Selain itu, mereka sangat suka mencari pengakuan dari oranng lain.

Dengan ciri-ciri yang disebutkan di atas, kita bisa mengenali kondisi narsis pada orang tua dan mengambil tindakan lebih cepat. Hal ini selain bisa menyelamatkan hubungan anak dan orang tua, ini juga baik untuk pola asuk yang lebih baik ke depannya. Kamu yang dewasa masih mau ikut kata orang tua atau mulai mandiri nih ?

Source:
https://lonerwolf.com/narcissistic-mother-father/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5193228/
https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-legacy-distorted-love/201802/how-narcissistic-parenting-affects-children
https://www.psychologytoday.com/intl/blog/communication-success/201602/10-signs-narcissistic-parent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s