Lubang Cacing

Lubang Cacing – Alat Yang Mirip Pintu Kemana Saja

Lubang cacing yang sedang dicari para ilmuwan ini hampir mirip dengan pintu kemana saja. Siapa yang tidak kenal dengan pintu kemana saja doraemon. Kini peneliti sedang mencari keberadaan dari lubag cacing ini. Apa itu lubang cacing ? Apa seperti lubang kecil milik cacing ?

Lubang Cacing

Lubag cacing cartoon by www.pinterest.com

Lubang Cacing = Perjalanan Lintas Ruang Waktu

Teori lubang cacing ini awalnya ditemukan oleh Fisikawan asal Austria bernama Ludwing Flamm yang menggunakan teori gravitasi relativitas milik Einstein. Namun saat itu nama yang diberikan bukanlah lubang cacing (wormhole) melainkan Whitehole. Ia menggambarkan bahwa white hole adalah teori pembalik waktu dari black hole. Teori ini menganggap black hole adalah ruangan hampa yang menghisap materi apapun, dan white hole yang kemudian menggeluakan materi itu ke dimensi lain.

…..¬†A white hole is the theoretical time reversal of a black hole and, while a black hole acts as a vacuum, drawing in any matter that crosses the event horizon, a white hole acts as a source that ejects matter from its event horizon. Some have even speculated that there is a white hole on the “other side” of all black holes, where all the matter the black hole sucks up is blown out in some alternative universe, and even that what we think of as the Big Bang might in fact have been the result of just such a phenomenon.

Kemudian, di tahun1935 Einstein dan Rosen membuat jurnal yang mempopulerkan teori Jembatan antar waktu di luar angkasa. Berdasarkan paper ini seorang fisikawan dari Princeton University, John Weeler menggunakan istilah Lubang cacing dari penggambaran model jembatan lintas waktu Einstein-Rosen.

Cara kerjanya lubang cacing ini yaitu menggunakan 2 black hole dan white hole dengan terowongan yang menggabungkan 2 lubang tersebut. Terowongan yang menggabungkan 2 lubang tersebut bisa lurus atau berbelok. Sedangkan lubang yang menjadi pintunya memiliki gravitasi/ daya tarik yang besar sehingga materi yang melewatinya bisa ditarik dengan cepat melebihi kecepatan cahaya.

Lubang Cacing Dan Masa Kehidupan Manusia

Saat ini teori lubang cacing itu masih belum bisa dilihat oleh para peneliti. Di alam semesta ini baru ada satu lubang hitam yang masih menjadi penelitian. Lubang hitam masih belum bisa dibuat secara ilmiah, karena terjadinya lubang hitam masih alami. Lubang ini terjadi akibat ledakan bintang yang sudah mati dan menghasilkan lubang dengan daya gravitasi dan tidak tercipta dengan sendirinya. Selain itu adanya massa eksotis yang lebih kecil dari atom menjadi pertikel utama dari lubang ini, sehingga keberadaan partikel ini masih diteliti.

Namun, para peneliti berfikir bahwa lubang cacing ini bukan tidak mungkin untuk diciptakan atau ditemukan. Mereka masih bekerja untuk membuktikan kemungkinan keberadaan lubang ini. Secara teori matematika perhitungannya hanya sebatas kemungkinan dan belum bisa terwujudkan.

Apabila lubang cacing ini ditemukan kehidupan manusia bisa sangat berubah drastis dan kemudahan dalam perjalanan lintas waktu bisa terjadi. Tidak hanya itu, kehidupan manusia bisa merubah sejarah yang sudah ditulis menjadi hal tidak bisa terpikirkan. Menakjubkan atau mengerikan ? Bagaimana pendapatmu ?

Bagi yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia baik itu sejarah, ilmu pengetahuan, dunia sosial, psikologi, atau budaya dan sastra bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Siapa tahu pertanyaanmu membuka wawasan luas banyak orang !

Source:
www.space.com
www.livescience.com
www.smithsonianmag.com
curiosity.com

COMMENTS

%d bloggers like this: