Kot Diji- Peradaban Awal Sungai Hindus

Kot Diji – Peradaban Sungai Indus Pertama Yang Jarang Terdengar

Kot diji merupakan awal peradaban sungai hindus. Sayangnya dalam pelajaran sejarah nama ini hampir tidak pernah tersebut. Sebelum peradapan harrapan di lembah sungai indus, ada wilayah yang menandai kehidupan di tempat ini. Masa awal lembah sungai ini dimulai dari kot diji. Bagaimana kot diji ini?

Kot Diji Kot Diji – Peradaban Sungai Indus By tribune.com

Kot diji ini letaknya di wilayah Pakistan 25 Km ke selatan wilayah Khairpur provinsi Sindh. Tempat ini dikenal karena menjadi awal kehidupan di Lembah sungai Indus. Berdasarkan penggalian yang digali pada tahun 1950an oleh F.A Khan, wilayah ini dikenal sebagai Periode Pra-Harrapa.

Tempat ini digali dan ditemukan bahwa ritus ini sudah berusia sekitar 3,300 SM dan bukan wilayah yang luas. Luas wilayah ini sekitar 2.2 Ha dan ditemukan situs yang mana bangunannya masih menggunakan batu bata lumpur. Dalam penggaliannya diteliti kehidupan masyarakat di kota ini saat itu sudah mengerti bagaimana membuat tembikar yang baik. Selain itu, masyarakat kot diji sudah megerti bagaimana membuat dinding dengan batu lumpur dan batu gamping sehingga menghasilkan bangunan yang kokoh.

Senjata yang digunakan oleh masyarakatnya berbentuk pisau paralel, dan kepala panah yang berbentuk daun. Selain itu rata-rata mereka bekerja sebagai pembuat tembikar. Tembikar yang mereka hasilkan berbentuk tipis, berwarna terang dan bermotif warna medah muda yang dihiasi warna hitam. Selain itu ditemukan juga gambar berbentuk ikan pada tembikar hasil karyanya.

Peradaban di kota ini disebut sebagai awal peradaban dari harrapan karena sebagian besar kebudayaan dari masyarakat ini ditemukan di kebudayaan akhir harappan. Masyarakat kot diji juga memiliki sistem penanganan banjir yang cukup baik. Hal ini terlihat dari bangunan mereka yang tersusun dari batu-batu untuk menghindari badai banjir melanda kota.

Sayangnya, pada penelitian yang digali saat itu ditemukan bahwa bukti sejarah ini banyak yang terbakar oleh api. Penyebab pastinya masih belum diketahui bagaimana bisa sampai terbakar. Para arkeolog sedang mendalami penggalian ini untuk menemukan titik terang dari peradaban. Bagaimana apakah kamu tertarik mempelajari peradaban ini lebih jauh ?

Bagi yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa comment dibawah. Siapa tahu pertanyaanmu menjadi wawasan bagi banyak orang.

Source:
iasscore.in/upsc-prelims/indus-valley-civilization-sites-harrapan-culture
www.tourism.gov
www.examrace.com
books.google.co.id/books?id=XgFu-9UF0TYC&pg=PA22&lpg=PA22&dq=kot+diji+civilization&source=bl&ots=dJZxI4lY0W&sig=pc-ajYkSLG_kAnvkEvVyq-XxA9c&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwiK-cjghJ_dAhVEsY8KHfV2DsI4FBDoATACegQICBAB#v=onepage&q&f=false

 

COMMENTS

%d bloggers like this: