medusa dalam mitologi yunani

Medusa Dalam Mitologi Yunani Itu Dewi Atau Monster ?

Medusa dalam mitologi Yunani cukup sering muncul sebagai tokoh antagonis dalam film bertema fantasi. Kehadirannya juga sering menimbulkan tanda tanya mengapa wajahnya yang cantik harus memiliki rambut yang mengerikan. Dalam mitologi Yunani, sosok medusa juga menjadi sangat familiar didengar. Siapa sosok medusa ini ?

Medusa dalam mitologi yunani

Medusa Cartoon by www.pinterest.com

Medusa Dalam Mitologi Yunani

Medusa dalam mitologi Yunani berasal dari keluarga Gorgon yang memiliki saudara bernama Stheno, Euryale, dan Medusa. Dari semua saudaranya Medusa dikenal memiliki kecantikan bagai seorang dewi. Karena kecantikan yang dimilikinya tidak seperti saudara-saudaranya, ia mulai membanggakan diri.

Dalam kisahnya, Medusa adalah seorang pelayan Aides. Medusa memiliki janji bahwa ia tidak akan menikah. Namun, ia mengingkari janjinya karena ia jatuh cinta pada Poseidon dan pada akhirnya menikah. Akibat mengingkari janjinya itu, ia dihukum oleh Athena dengan membuat kecantikannya menjadi hal yang mengerikan. Athena mengubah rambut medusa menjadi ular, mata yang indah menjadi mengerikan yang mampu mengubah orang menjadi batu.`

Atas hukuman ini, ia pun tidak pernah kembali ke rumahnya dan pergi jauh dari tempatnya. Ia bahkan hidup berpindah-pindah sehingga tidak ada orang atau siapapun yang menemukannya.

Medusa Dan Perseus Dalam Mitologi Yunani

Tokoh medusa juga bahkan ada dalam kisah heroik Perseus yang melegenda. Kisah ini bahkan terkenal hingga zaman kekaisaran romawi kuno. Perseus sendiri merupakan anak dari Dewa Zeus dengan Danae (Anak dari Raja Argos bernama Acrisius). Acrisius mendapatkan ramalan bahwa anak dari Danae akan membunuhnya. Sehingga ia menghalalkan segala cara agar Zeus tidak bisa bertemu dengan Danae.

Ia mengunci Danae dalam kamar perak sehingga Zeus tidak bisa bertemu. Karena Zeus seorang dewa, ia bisa mengubah diri menjadi apa saja dan akhirnya mampu membuat Danae hamil. Raja Acrisius tahu bahwa anaknya hamil, ia membuang Danae dan Perseus ketika lahir ke dalam laut. Namun, mereka diselamatkan oleh Dictys yang akhirnya membesarkan Perseus sampai ia dewasa di pulau Seriphos

Danae memiliki kecantikan yang luar bisa sehingga ia bisa memikat Polydectes (raja Seriphos) yang tidak lain adalah saudara Dictys. Perseus berusaha melindungi ibunya dari Polydectes yang memiliki sifat tidak baik. Karena keinginan memiliki Danae, Polydectes sengaja menipu dengan menantang Perseus membawakan kepala Medusa yang saat itu dianggap sebagai makhluk yang tidak bisa ditemukan.

Perseus menerima tantangan itu. Ia pergi mencari tempat persembunyian keluarga Gorgon dan menemukan Medusa. Dengan peralatan yang dihadiahkan Athena berupa perisai perak ia mampu membunuh medusa dengan memenggal kepalanya.

Dari kisah yang menjadi mitologi dan legenda kepahlawanan Yunani medusa di gambarkan sebagai monster yang terlahir cantik. Tidak sebagaimana saudarinya Stheno dan Euryale yang abadi, Medusa adalah monster yang tidak abadi karena kecantikannya. Masih tertarik dengan mitologi yunani  ini?

Source:
www.english.illinois.edu
www.britannica.com
www.ancient.eu/Medusa/

COMMENTS

%d bloggers like this: