Zeigarnik Effect

Zeigarnik Effect – Otakmu Tidak Suka Hal Yang Tidak Selesai.

Zeigarnik Effect ? Mungkin tidak banyak yang tahu apa ini. Zeiganik Effect merupakan kondisi psikologis dari seseorang dimana ingatan seseorang akan melekat pada hal yang belum terselesaikan. Tenang, ini bukan merupakan gangguan psikologis, ini kondisi normal dari orang. Apakah kamu salah satu yang pernah mengalami ini ?

Zeigarnik Effect Zeigarnik Effect by study.com

Zeigarnik Effect = Jatuh Cinta

Jika jatuh cinta membuat kita teringat akan orang yang kita cintai tersebut, tidak jauh berbeda dengan kondisi zeigarnik effect ini. Kondisi ini membuat kita akan terus mengingat hal yang belum selesai dibanding hal yang sudah selesai dikerjakan. Effect ini ditemukan oleh Psikolog asal Russia bernama Bluma Wulfovna Zeigarnik tahun 1927 setelah ia melihat cara kerja pelayan restoran dalam melayani pelanggan.

Kemudian ia mencoba menguji hipotesis yang dimilikinya dengan serangkaian test yang dilakukan pada orang dewasa dan anak-anak dengan menanyakan detail tugas yang mereka kerjakan dan yang belum terselesaikan. Dari hasil penelitiannya menemukan bahwa 90% orang dewasa tersebut mengingat hal yang belum terserselesaikan lebih baik dari yang sudah mereka kerjakan dan pada anak-anak lebih dari itu.

Zeigarnik Effect Bisa Menguntungkan

Zeigarnik effect bisa membawa keuntungan tersendiri bagi pribadi seseorang. Kok bisa? Bukannya tambah stress ? Kamu bisa melihatnya di serial televisi, sinetron, drama korea, atau bahkan platform sosial media seperti LinkedIn, facebook yang mengharuskan kamu untuk melengkapi profilmu. Bahkan, dalam episode drama favoritmu membuatmu mengingat drama itu yang akhirnya membuatmu penasaran sampai akhirnya kamu menyelesaikan drama itu.

This trick is very well applied by soaps and serials. The episode ends, but the story doesn’t. Thus you get stuck in a cliffhanger. Zeigarnik Effect is a good method designers use to trick users into making them do certain things they wouldn’t do otherwise. LinkedIn uses this trick to make users complete their profiles.

Effect ini bisa membawa keuntungan bagi kamu dalam menyelesaikan tugas. Tugas yang belum terselesaikan menjadikannya berada di fokus utama ingatanmu sehingga membuatnya segera dikerjakan. Hal ini membuatmu menjadi jarang menunda pekerjaan karena akan memakan pikiranmu. Masih menganggap dirimu overthinking ? Selesaikan saja tugas yang belum selesai.

Source:
www.psychologistworld.com
www.independent.co.uk/life-style/procrastinating-how-to-stop-zeigarnik-effect-phenomenon-at-work-now-a8247076.html
medium.com
bigthink.com

COMMENTS

%d bloggers like this: