Berjemur Ala Jepang

Berjemur Ala Jepang Itu Di Hutan ? Cara Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan. Ada Yang Tahu ?

Berjemur ala Jepang ada yang tahu ? Cara yang dilakukan orang Jepang ini ternyata bisa meredakan stress lho. Berjemur ala jepang tidak dilakukan di pantai seperti kebanyakan, malah berjemurnya di lakukan di hutan. Katanya sinar matahari di dalam hutan bisa menenangkan. Benarkah itu ? ini kata ilmuan.

Berjemur ala Jepang

Forest Bathing by www.theguardian.com

Berjemur Ala Jepang Itu Di Hutan

Negara Jepang terkenal dengan kehidupannya yang dekat dengan alam. Hal ini berkaitan dengan ajaran shinto dan budha yang dimiliki mayoritas orang disitu. Sama halnya dengan konsep ikigai, Berjemur ini merupakan cara melepaskan stress. Istilah ini di Jepang dikenal dengan istilah shinrin-yoku. Ide ini digagas oleh kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan di Jepang tahun 1980an. Tujuannya adalah untuk menikmati keindahan alam disekitar.

Pemerintah Jepang sejak tahun 2004 sudah membuka terapi hutan dengan membuka hutan terapi dan berinvestasi sebesar $ 4 Juta. Mereka yang memasuki hutan terapi ini akan diukur dulu tekanan darahnyaoleh orang yang bertugas disana. Banyak dari mereka yang memanfaatkan hutan terapi sebagai bentuk cara pengelolaan stress dan cara menghindari kesibukan sehari-hari.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009 oleh Profesor Qing Li dari Nippon Medical School di Tokyo. Hasil penelitian itu mengatakan bahwa setelah orang melakukan ‘Forest bathing’ atau berjemur di hutan, ada peningkatan sistem imun dengan meningkatnya sel darah putih pada tubuh.

Berjemur Ala Jepang Sangat Menyehatkan Lho !

Sudah banyak yang tahu bahwa jika kita menghabiskan waktu di alam dan mampu menikmati lingkungan yang hijau, kita terhindar dari stress. Alam memiliki daya magisnya sendiri dalam tubuh, selain dengan lingkungan yang hijau, udara yang ada disekitar juga kaya akan oksigen dan bebas polusi.

Berjemur ala Jepang ini tidak hanya bisa mengurangi stress. Berjemur di hutan ini juga mampu mengurangi resiko gejala diabetes tipe II, meningkatkan hormon kortisol, dan bisa mengurangi resiko tekanan jantung dan segudang manfaat yang lainnya. Selain itu, berjemur ini tidak terbatas ada usia dan jenis kelamin. Semua orang bisa menikmati berjemur ala Jepang ini.

Cara melakukan berjemur di hutan ini bisa dengan bermeditasi, yoga, tidur diatas rumput sambil menikmati alam. Di Jepang pemandu di hutan terapi ini sudah disertifikasi melalui asosiasi alam dan terapi hutan. Bagaimana ? Apa tertarik melakukan berjemur ala Jepang ini ?

Source:
www.mamanatural.com
www.theguardian.com
www.forbes.com

COMMENTS

%d bloggers like this: