Jamur Tertua

Jamur Ini Menjadi Jamur Tertua Yang Pernah Ada. Ada Yang Tahu ?

Jamur tertua ini ditemukan di wilayah Amerika Serikat dan disebut sebagai jamur dengan perluasan terbesar. Sekilas tentang jamur, tanaman jamur yang dikenal ada yang bisa dikonsumsi dan ada yang tidak. Lalu, jamur ini masuk kategori yag mana ya?

Jamur Tertua

Jamur tertua oleh www.extremescience.com

Jamur Tertua Pembunuh Pohon Yang Sadis

Jamur tertua ini ditemukan di timur Oregon, Amerika. Jamur yang diperkirakan berusia 2,400 – 8,650 tahun ini tumbuh di hutan nasional Malhuer, Oregon ini juga dianggap jamur tertua yang hidup. Flora ini jenis genus Armillaria yang merupakan jenis jamur madu.

Pada tahun 1998 Tim US Forest Service melakukan investigasi terhadap matinya 3 pohon besar di hutan nasional Malheur di Oregon Timur. Tim mengumpulkan 112 sample pohon yang mati dan sekarat dan kebanyakan tanaman berjenis cemara. Mereka menemukan bahwa 4 pohon yang mati akibat jamur Armillaria Solidipes.

Armillaria Solidipes ini tumbuh dari substansi yang bernama micelia dan hanya ada di dalam tanah. Ia berkembang dan tumbuh dengan mencari sel genetik jamur yang sama. Ia hidup sebagai parasit di pohon-pohon dan apabila pohon itu ditumbuhi jamur maka pohon tersebut bisa mati.

Hal ini dapat dilihat dari bagaimana tanaman di Hutan Nasional Malhuer ini bisa mati. Di hutan ini didapati bahwa jamur tertua ini sudah menutupi kurang lebih 9.6 Km² wilayah hutan dan merupakan persebaran terluas dari yang pernah ditemukan sebelumnya di Barat Daya Washington. Seperti yang dikutip dari bbc.com

The most widely-spaced were 2.4 miles (3.8 km) apart. The team calculated that the A. solidipes covered an area of 3.7 sq miles (9.6 sq km), and was somewhere between 1,900 and 8,650 years old.

At the time, the largest known organism was a fungus of the same species discovered in 1992 in south-west Washington, which stretches over 2.5 sq miles (6.5 sq km).

Jamur Tertua Bisa Dikonsumsi ?

Jamur ini dikategorikan sebagai jamur madu yang banyak dipakai dalam masakan spageti atau tambahan di makaroni. Jamur madu dikenal memiliki topi kuning dan manis serta tubuh buah yang manis. Sayangnya, masih dalam tahap penelitian apakah tanaman ini layak konsumsi atau tidak. Karena hampir semua jamur memiliki sifat identik yang memungkinkan jamur tersebut merupakan gabungan dari jamur lainnya.

Even the button mushrooms you buy from the grocer for your spaghetti carbonara are bigger than you think. In fact, a large mushroom farm will contain mushrooms so genetically identical, the cluster can essentially be classed as one genetic organism.

Kamu penyuka makanan jamur apa tertarik meneliti ini ?

Source:
www.extremescience.com
www.bbc.com
www.theatlantic.com
www.businessinsider.sg/largest-living-organism-the-armillaria-ostoyae-fungus-2017-5/?r=US&IR=T
www.smithsonianmag.com

COMMENTS

%d bloggers like this: