Tanda perfectiois yang perlu diketahui

Tanda Perfectionis Ini Ada Di kamu? Yuk Cek 5 Tandanya Sebelum Menyimpulkan !

Perfectionis merupakan salah satu hal yang diinginkan orang. Perfect ? ya sempurna tanpa cela sehingga terlihat hebat dan kompeten. Tapi menjadi perfectionis itu tidak selamanya baik lho ! Kita jadi tidak fleksibel dan efisien dalam melakukan project-project penting. Menjadi perfect bisa berarti membiarkan diri kita berlarut dalam satu hal dan sangat mengoreksi hingga nggak ingat project lainĀ  yang sedang menunggu dikerjakan.

Image result for perfectionist cartoon

Perfectionis oleh www.cartoonstock.com

Perfect is Killer

Tanda Perfectionis

Perfectionist Quotes oleh www.ppx.inkwellpress.com

Percaya nggak kalau keinginanmu untuk menjadi sempurna itu bisa membunuh kreatifitasmu. Ya, Itu bisa. Alasannya simple kok. Seperti yang dikatakan tadi bahwa keinginan mengerjakan sesuatu yang sempurna itu membuatmu rela bekerja berjam-jam untuk satu pekerjaan. Padahal ada pekerjaan lain yang menunggu dikerjakan.

Istilah Perfect sendiri sebenarnya sangat subyektif dan tidak ada orang di dunia ini bisa mengerjakan sesuatu sesempurna mungkin. Di saat kamu menganggapnya sempurna, ternyata buat orang lain tidak. Saat itu kamu juga akan menerima kritikan dan masukan buat proyekmu.

Disaat yang bersamaan dengan anggapan bahwa itu sudah sempurna dan adanya kritikan yang masuk. Kamu mengganggapnya sebagai kegagalan hasil kerjamu dan pada akhirnya membunuh motivasimu untuk memperbaikinya. Nah, kalau sudah begitu kamu tidak mau lagi mengembangkan ide-ide dengan dalih takut ini itu dan sebagaiya. Bukankah itu bisa bahaya ?

Tanda Yang Mesti Diwaspadai

Tanda Perfectionis

Perfectionist Cartooon oleh www.reddit.com

Menjadi perfectionis bisa membuat kamu tidak fleksibel, dan tidak bijak dalam mengatur waktu. Selain itu, terlalu perfectionis bisa membuatmu terjebak dalam penyakit psikologi juga. Untuk menghindari itu yuk cek tanda perfectionisnya :

  1. Takut Kritikan dan Kegagalan.
    Tanda perfectionis ini yang paling banyak terjadi jika kamu sudah mengerjakan proyek dan mengharapkan menjadi sempurna. Ketika dihadapkan pada kritik yang sebenernya tujuannya membangun kamu justru menjadikannya sebuah cap gagal di hasil proyek kamu. Akhirnya kamu takut mencoba kembali hal yang sama dan tidak lagi termotivasi karena ketakutan akan kritik.
  2. Overthinking No Action
    Tanda perfectionis yang kedua, kebanyakan si perfectionis itu overthinking. Mereka kebanyakan berfikir sampai akhirnya tidak melakukan apa-apa. Sebelum bertindak mereka udah banyak berfikir yang negatif dulu dan pada akhirnya takut kalau pikiran negatif itu kejadian dan berujung kegagalan. Berfikir jangka panjang sih boleh saja, tapi bukan berbarti menghalangi kita untuk berkarya kan ?
  3. Tidak Percaya Diri
    Tanda perfectionis selanjutnya tidak percaya diri. Karena kebanyakan berfikir akan kegagalan atau negatif thinking dulu, akhirnya si perfectionis ini kehilangan kepercayaan diri. Awalnya baru dikasih project A, si perfectionis karena kebanyakan berfikir negatif akhirnya tidak percaya bahwa sebenarnya dia bisa. Rasa ingin mencoba hal baru yang sebenarnya bagus buat pengalaman membuatnya muncur karena tidak percaya diri dan takut gagal.
  4. Tidak Mudah Mendelegasikan Tugas Alias Kurang Bisa Percaya Orang Lain
    Si perfectionis ini sudah banyak project yang ditangani, daripada menyerahkan dan meminta bantuan pada orang ia menangani semua pekerjaannya sendiri. Si perfectionis tidak percaya pada orang lain untuk menangani atau membantunya karena dia tidak percaya bahwa project itu bisa dikerjakan dengan bantuan ornag lain. Akibatnya ia menjadi overworking dan kelelahan sendiri.
  5. Overcontrol Alias Suka Mengontrol Sesuatu
    Si perfectionis sering mengontrol sikap, tindakan bahkan keputusan terhadap hal-hal kecil yang dilakukan oleh orang lain. Ia ingin memastikan bahwa segala sesuatu bisa berjalan sesuai yang dia harapkan. Hal ini bisa berbahaya buat dirinya dan orang lain disekitarnya.

Jadi sudah tahukan bahwa menjadi perfectionis itu tidak baik. Kamu juga bisa tidak sehat secara psikologis lho. Bukankah ketidaksempurnaan itu sebuah seni dari kehidupan ? Sudah dicheck apa kamu termasuk di dalam tanda-tanda itu ?

Source:
www.lifehack.org
www.forbes.com
curiosity.com

COMMENTS (1)

  • comment-avatar

    […] Tipe perfeksionis dianggap hanya ada satu jenis saja. Nyatanya tipe perfeksionis sendiri ada bermacam-macam. Tidak hanya dianggap mengganggu produktifitas, kondisi orang yang memiliki sikap perfeksionis bisa menjadi penghalang bagi kesuksesan. Selain itu dampak yang didapat terhadap mereka yang memiliki kecenderungan ini adalah matinya kreatifitas pribadi. […]

  • %d bloggers like this: