Panjat Pinng Di Indonesia

Panjat Pinang – Tradisi Yang Menuai Kontroversi Namun Kaya Filosofi

Panjat pinang di Indonesia sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setiap perayaan HUT Kemerdekaan. Ditopik sebelumnya sudah dibahas tentang 5 Tradisi kemerdekaan di beberapa negara. Tapi taukah bahwa sebenarnya panjat pinang ini asalnya darimana ya ? atau kok bisa setiap perayaan ada tradisi ini ?

Panjat Pinang Di Indonesia

Kilas Balik Panjat Pinang Indonesia

Panjat pinang di Indonesia sudah dilakukan sejak lama dan sudah menjadi tradisi setiap HUT Kemerdekaan. Orang-orang dalam satu regu akan bergantian memanjat pinang untuk mendapatkan hadiah yang ada di pinang tersebut. Lucunya pinang yang mereka panjat sudah diolesi lumpur sehingga seluruh tubuh mereka berlumuran lumpur.

Panjat Pinang Di Indonesia

Perayaan Panjat Pinang di Klenteng Hok An Kiong, Surabaya oleh Tribbunnews.com

Tradisi ini masih simpang siur dari mana asalnya. Ada yang mengatakan berasal dari China dan dibawa ke Indonesia oleh warga China yang menetap di Indonesia pada tahun 1890. Salah satu foto yang diambil dari Tropen Museum menjelaskan bahwa tradisi ini dilakukan ketika adanya perayaan di Klenteng  Hok An Kiong, Surabaya.

panjat pinang di Indonesia zaman belanda

Lomba Panjat Pinang Pada Zaman Penjajahan Belanda oleh tropenmuseum

Kemudian di Belanda juga memiliki tradisi yang serupa yang bernama ‘De Klimmast’ yang artinya panjat tiang. Berbeda dengan di Indonesia, Tradisi ‘De Klimmast’ ini dilakukan oleh orang Belanda untuk merayakan ulangtahun Ratu Wihelmina dan dilakukan setiap tanggal 31 Agustus.

Tradisi panjat tiang itu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Ketika Belanda menjajah di Indonesia sebagai acara hiburan kaum koloni saat itu. Jika ada acara pernikahaan atau acara pesta mereka akan mengadakan panjat pinang dengan hadiah dibagian puncaknya berrupa gula, tepung, rori, atau bahan makanan lainnya. Bagi kaum pribumi saat itu barang-barang tersebut merupakan bahan yang mewah dan tidak mudah didapatkan. Hasilnya mereka mengikuti lomba itu dengan bekerja sama demi memperoleh hadiah itu. Jika salah satu peserta berhasil maka mereka akan membagi bagikan hadiah itu kepada peserta lain.

Lalu mengapa menuai kontroversi ? Sebagaian orang menganggap ini sebagai penindasan rakyat dan lelucon terhadap bangsa dan seharusnya dihapuskan saja. Tapi dilain sisi yang lain orang menilai permainan ini merupakan bentuk solidaritas dan kerja sama dalam meraih tujuan. Banyak yang menginginkan tradisi ini dihapuskan dalam kegiatan kemerdekaan. Sayangnya untuk merubah tradisi tidaklah mudah, apalagi yang sudah dilakukan dalam waktu yang lama.

Sudah tahu kan bagaimana kisah panjat pinang ini, lalu kamu akan memiih yang mana ? menganggap permainan ini dari segi positif atau sebaliknya nih?

Source:

www.odditycentral.com
www.marneskliker.com
steemit.com
nakita.grid.id/read/02920287/ternyata-perlombaan-khas-17-an-panjat-pinang-berasal-dari-china?page=all#

COMMENTS

%d bloggers like this: