5 Tradisi Kemerdekaan Di Beberapa Negara Juga Meriah Lho ! Indonesia Nggak Kalah Kok.

Merdeka ! Merdeka ! Merdeka ! Teriakan itu berkumandang di seluruh negeri saat perayaan hari kemerdekaan. Termasuk di Indonesia sendiri. Menyongsong Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus besok, ini beberapa tradisi yang dilakukan beberapa negara dalam merayakan hari kemerdekaannya. Yuk Intip disini !

  1. India – 15 Agustus
    Kemerdekaan Di seluruh dunia
    Kemerdekaan India 15 Agustus

    Pada tanggal 15 Agustus 1947, India membebaskan diri dari jajahan pemerintah Inggris dan sejak saat itu kemerdekaan negara India jatuh pada tanggal 15 Agustus. Orang-orang india merayakannya dengan beramai-ramai menerbangkan layang-layang ke langit. Pada tanggal 15 Agustus langit india akan dipenuhi dengan layang-layang berwarna-warni dengan berbagai ukuran. Selain itu pada hari itu, seluruh keluarga akan berkumpul dan menyantap hidangan makanan dengan warna orange, hijau, dan putih sesuai dengan bendera nasionalnya. Lagu nasional hingga parade memeriahkan seluruh India dalam satu hari.

  2. Indonesia – 17 Agustus
    Perayaan Kemerdekaan Di dunia
    Panjat Pinang Hari Kemerdekaan

    Perayaan Kemerdekaan di Indonesia sendiri sudah terlihat jauh-jauh hari sebelum hari kemerdekaan tiba. Namun, salah satu yang unik dalam acara perayaan itu tepat pada tanggal 17 Agustus diberbagai tempat akan dilaksanakan lomba panjat pinang. Kita sebagai orang Indonesia pasti tahu kegiatan yang satu itu. Dibagi dalam beberapa regu dimana satu regu saling mebantu untuk memanjat pinang yang sebelumnya sudah diolesi lumpur demi meraih bendera yang ada di atas pinang. Tujuannya sebenarnya yaitu mengajarkan kebersaaan dan kerja sama tim.

  3. Mexico – 16 September
    Perayaan Kemerdekaan Mexico
    Hari Kemerdekaan Mexico

    Kemerdekaan Mexico jatuh pada tanggal 16 September. Tepat pada tanggal 15 September malam, pawai kemerdekaan mulai terasa di seluruh negeri. Kemudian, pada tanggal 16 September rumah orang-orang akan dihiasi oleh warna hijau, putih dan merah sesuai dengan bendera Mexico, festival makanan dan kembang api. Uniknya perayaan di Mexico akan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 15 hingga 16 September dan dimeriahkan dengan pawai orang yang mencat kulit dengan warna kuning (paisanos).

  4. Kamboja – 9 November
    Image result for cambodia independence day cartoon
    Perayaan kemerdekaan kamboja dilakukan pada tanggal 9 November. Orang kamboja akan secara sorak mengatakan “Thngai ekreachy rikreay!” yang artinya “Happy Independence Day!”. Pada tanggal 9 November baik wisatawan luar bisa menikmati perayaan kemerdekaan di negara ini. Malam harinya perayaan kemerdekaan akan dihiasi oleh kembang api di atas sungai Mengkong.
  5. Polandia – 11 November
    Perayaan Kemerdekaan Polandia
    Hari Kemerdekaan Polandia

    Polandia menyelenggarakan hari kemerdekaan mereka atas Rusia dan Jerman pada tanggal 11 November. Di Polandia mereka menyelenggarakan dengan berbagai acara mulai dari lari maraton dan acara olahraga lainnya. Hal yang unik, pada 11 November di salah satu bagian kota di Polandia, yaitu di wilayah Poznan diselenggarakan Rogale świętomarcińskie festival. Pada festival ini di wilayah pozna akan dipenuhi oleh pedagang dan orang-orang yang makan roti croissant di hari itu.

Di setiap negara yang merdeka, pasti memiliki  cara tersendiri dalam menikmati kemerdekaan mereka. Tapi terlepas dari itu semua, kemerdekaan bukan perkara terlepas dari perbudakan atau penjajah semata. Terlebih merdeka dalam memperoleh hak mengembangkan negaranya sesuai tujuan masing-masing. Lalu perayaan kemerdekaan versi kamu seperti apa?

Source :
https://www.greatvaluevacations.com/travel-inspiration/independence-day-celebrations-around-the-world
http://aglobalworld.com/holidays-around-the-world/indonesia-independence-day/
http://www.bbc.com/travel/story/20130701-independence-days-around-the-world
https://www.independent.co.uk/news/world/asia/india-independence-day-indian-72-modi-healthcare-gandhi-partition-google-doodle-a8492041.html
http://heritagetimes.eu/poznan-intangible-heritage/

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s