Maskot Asian Games 2018

Dibalik Lucunya Maskot Asian Games Ini, Ternyata Artinya Indonesia Banget !

Maskot asian games 2018 cukup mencuri perhatian. Asian games kali ini diadakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. Semarak Asian games ini terasa di seluruh negeri Indonesia. Tinggal menghitung hari lagi asian games berlangsung. Tapi yang menarik perhatian dari Asian games ini adalah maskotnya yang bentuknya lucu dimana ternyata mempunyai arti yang indonesia banget !

Maskot Asian Games 2018

Asian Games 2018 Jakarta Palembang

Tahu nggak ternyata sebelum diputuskan di Indonesia, usulan asian games ini memilih Hanoi, Vietnam sebagai tuan rumahnya. Sayangnya Vietnam menolak usulan ini karena alasan finansial dari negara yang bersangkutan tersebut. Kemudian, setelah melakukan diskusi panjang ditetapkanlah Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Indonesia menyiapkan berbagai hal terutama stadion yang akan digunakan, rangkaian acara, hingga maskot yang akan menjadi ikon dari acara besar ini. Maskot ini diambil melalui kompetisi yang diadakan oleh bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) yang diikuti oleh 60 peserta. Dari hasil kompetisi ini diambillah 3 maskot yang akan mewakili Asian Games.

Maskot asian games ini yaitu Bhin-bhin, Athuk, Dan Kaka yang dilambangkan oleh hewan khas dari Indonesia.

1. Bhin-bhin

Maskot Asian Games 2018

Bhin Bhin

Bhin-Bhin merupakan burung cendrawasih yang menggunakan motif asmat asal papua. Bhin bhin ini melambangkan strategi. Disini burung cendrawasih ini disebut paradise bird karena burung ini memiliki bulu yang indah dan cantik seperti burung yang diturunkan dari surga. Alasan pemilihan burung ini yaitu agar semangat asian games ini menjadi milik seluruh Indonesia. Selain itu, pemilihan ini juga menjadi lambang Indonesia bagian timur.

2. Atung

Maskot Asian Games Si Atung

Si Atung

Atung dilambangkan sebagai burung rusa bawean yang menggunakan batik khas Jakarta. Filosofinya mengandung arti kecepatan. Secara alamiah Rusa bawean ini memang dikenal licah dan aktif. Ia hidup disemak-semak dan memiliki warna bulu yang sama dengan rusa pada umumnya. Rusa ini melambangkan Indonesia dibagian tengah.

3. Kaka

Maskot Asian Games Si Kaka

Si Kaka

a merupakan si badak bercula satu yang mengenakan aksesoris dari palembang. Kaka disini melambangkan kekuatan dan simbol dari Indonesia bagian barat. Secara alamiah badak memang dikenal sebagai hewan yang kuat dengan badan yang tegap bahkan ia bisa hidup hingga usia 45 tahun.

Diharapkan semangat asian games kali ini tidak hanya untuk peserta tetapi juga ke seluruh Indonesia. Maskot yang menjadi lambang asian games kali ini menunjukkan hal-hal yang khas banget dari Indonesia. Jadi, sudah siapkan kamu menikmati pesta olahraga ini?

Source:
sports.sindonews.com
www.asiangames2018.id/about/mascots
indonesia.travel/gb/en/news/meet-the-mascots-of-asian-games-2018-indonesia-s-precious-endangered-wildlife
www.whatsnewjakarta.com

COMMENTS

%d bloggers like this: