Mardi Gras sebuah festival yang dirayakan orang hingga seluruh dunia. Uniknya tradisi ini kurang dikenal masyarakat luas dengan nama mardi gras. Tapi taukah bahwa asal muasal dari karnaval di seluruh dunia dari Mardi Gras ini.

Mardi Gras

Mardi Gras yang artinya Selasa yang Berlemak

Mardi Gras ini berasal dari bahasa Prancis yang artinya Mardi adalah hari selasa dan Gras yang artinya adalah lemak. Jadi jika digabungkan menjadi “Selasa yang Berlemak”. Tradisi ini dimulai ketika agama Kristen datang dari Roma dan menyebar hingga ke Eropa yang terjadi ratusan tahun lalu. Perayaan ini di Prancis dilakukan pada hari selasa sesuai namanya.

Pada hari ini orang-orang akan banyak makan-makanan yang mengandung lemak seperti susu, dading babi, telur, keju dan makanan berlemak yang tersisa di rumah mereka sebelum masa puasa itu tiba. Pada puasa yang dilakukan di Eropa masa itu hanya boleh mengkonsumsi ikan.Awalnya pihak pimpinan gereja tidak mensetujui, namun pada akhirnya mereka memutuskan untuk menjadikannya tradisi agama karena lebih mudah mengaturnya dibanding dengan menghapuskan tradisi yang akan menimbulkan permasalahan.

Kemudian, lambat laun tradisi ini menyebar hingga ke Amerika wilayah New Orleans. Pada tahun 1699 seorang penjelajah keturunan Prancis Kanada bernama Jean Baptiste Le Moyne Sieur de Bienville tiba di selatan New Orleans. Saat ia tiba, ia menyadari bahwa hari itu adalah perayaan Mardi Gras dan kemudian wilayah selatan New Orleans itu ia berinama Pointe du Mardi Gras. Ia juga membangun Fort Louis de la Louisiane yang sekarang menjadi wilayah mobile, Alabama Amerika. Tahun 1703, wilayah Mobile ini menjadi tempat pertama di Amerika yang merayakan perayaan ini. Seperti yang dikutip dari mardigrasneworleans.com

On March 2, 1699, French-Canadian explorer Jean Baptiste Le Moyne Sieur de Bienville arrived at a plot of ground 60 miles directly south of New Orleans, and named it “Pointe du Mardi Gras” when his men realized it was the eve of the festive holiday. Bienville also established “Fort Louis de la Louisiane” (which is now Mobile) in 1702. In 1703, the tiny settlement of Fort Louis de la Mobile celebrated America’s very first Mardi Gras.

Dalam perjalanannya perayaan ini dirayakan di seluruh dunia dengan nama Carnaval atau Carnival.

Perayaan di berbagai tempat berbeda-beda tetapi keunikan tradisi ini dirayakan setiap hari selasa yang menjadi tanda prapaskah dimulai. Setiap wilayah di Eropa, hingga Amerika memiliki warna dan cara tersendiri dalam merayakan perayaan ini. Jadi sudah tahu kan asal kata karnaval berasal dari tradisi Madri Gras ?

Source:
curiosity.com
www.mardigrasneworleans.com
www.history.com

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: