Keyboard qwerty merupakan keyboard yang umum digunakan untuk pc, laptop, atau hp jaman sekarang. Tidak banyak orang yang tahu jenis keyboard yang sudah kita pakai sampai hari ini lho ! Keyboard qwerty ini memang secara nama tidak biasa dan aneh. Namun, keyboard ini memiliki cerita perjalanan dan alasan mengenai namanya.

Keyboard Qwerty cartoon

Keyboard Qwerty

Keyboard Qwerty dan Efesiensi di tahun 1860

Berawal dari Christopher Latham Sholes yang berusaha untuk mengefisiensikan sistem pengetikan di kantor dengan mencari standart yang pas. Namun, pada saat itu belum ada standart yang ditetapkan. Barulah pada 1867 ia mengajukan patent untuk sistem pertama, namun sayangnya gagal karena bentuk dari tombol mesin tik yang masih bermasalah.

Permasalahan dari model yang pertama adalah baris tengah pertama pada alfabet mesin tik dan baris pertama pada bagian bawah akan macet atau tersendat jika ditean terlalu cepat. Sehingga ia memperbarui lagi sistem mesin tik tersebut.

Solusi yang ia berikan adalah dengan memisahkan huruf ‘ST’ yang lebih banyak dipakai agar pengetik lebih mudah dalam mengetik. Kemudian ia menjual model yang sudah ia perbarui ini ke Ramington pada tahun 1873 dengan bentuk seperti berikut :

2 3 4 5 6 7 8 9 – ,
Q W E . T Y I U O P
Z S D F G H J K L M
A X & C V B N ? ; R

Remington kemudian membuat penyesuaian dan kemudian meluncurkan mesin tik The Shole and Glidden pada tahun 1874. Modelnya hampir mirip dengan keyboard QWERTY yang kita pakai saat ini. Bedanya mesin tik itu menghilangkan angka 1 dan 0 untuk menghemat biaya dan menggantinya dengan huruf yang mirip yaitu huruf I dan O. Kemudian tata letak R diganti dengan tanda titik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Koichi Yasuoka and Motoko Yasuoka dari Kyoto University menemukan bahwa sistem QWERTY ini diambil dari sistem telegram dimana menggunakan huruf morse. Pada morse huruf Z, S, E yang sering membingungkan sehingga disarankan agar diletakkan berdekatan dan membuat para pengetik lebih mudah dalam mengetik. Seperti yang dikutip dari laman bbc.com

….Qwerty rearranged the alphabet for the convenience of the telegraph operators who were Sholes’ first customers. Though even this isn’t the full story: “There was no consistent policy towards Qwerty”, they write. “The keyboard arrangement was incidentally changed into Qwerty, first to receive telegraphs, then to thrash out a compromise between inventors and producers, and at last to evade old patents.”

Kemudian setelah diluncurkan pada tahun 1890 keyboard keluaran Remington ini laris dipasaran dan bahkan seluruh Amerika serikat menggunakan keyboard ini sampai sekarang. Sebagai akibatnya banyak produk yang diekpor keluar negeri ini menggunakan keyboard ini dan sukses menginvansi seluruh dunia. Jadi jangan heran kenapa kita masih menggunakan keyboard jenis ini sampai sekarang ya!

Source:
www.bbc.com
www.webopedia.com
www.cnet.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: