Salar de Uyuni, Sebuah Tempat Dengan ‘Cermin’ Terluas Di Dunia

Jika kamarmu terbuat dari cermin semua, mungkin kalian akan merasa tidak bebas ya. Tapi lain halnya jika kita melihat paparan cermin alam terluas di dunia. Salah satu tempat di dunia yang memiliki cermin terluas ini yaitu Salar de Uyuni yang terletak di negara Bolivia.

salar de uyuni
Salar De Uyuni Kala Senja

Luas cermin alam ini membentang sepanjang 4,050 m2 dan merupakan dataran garam terbesar di dunia. Letaknya di sebelah barat daya negara Bolivia. Di waktu tertentu wilayah ini bisa memantulkan cahaya langit bagaikan pantulan cermin. Letak wilayah ini berada di ketinggian 3,660 m di atas permukaan laut. Letak wilayah ini dirasa sangat menanantang, karena wilayah ini memiliki siklus temperatur yang ekstrim. Pada saat pagi hingga siang temperaturnya hangat, sedangkan saat malam temperatur menjadi sangat dingin.

Danau ini hasil transformasi dari beberapa danau di masa prasejarah. Ketika musim hujan (antara desember sampai april) danau ini akan membentuk lapisan air tipis yang menyerupai cermin sehingga mampu memantulkan langit yang indah. Sedangkan pada musim kemarau (antara bulan Mei hingga Juni) kondisi danau ini akan lebih keras dan padat sehingga para pengunjung bisa berjalan di atasnya.


Salar De Uyuni dan Sumber Mining Dunia

Salar de uyuni dikenal sebagai danau terbesar dan bisa dianggap sebagai dataran. Kandungan danau ini memiliki 10 miliar kandungan garam dan 9 juta kandungan lithium. Yap ! Lithium yang kita kenal sebagai bahan baku pembuatan baterai. Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga survei geologi Amerika serikat mengatakan bahwa sekitar 50-70% cadangan lithium dunia ada di sini. Dengan jumlah segitu bisa membuat banyak baterai untuk laptop, atau alat elektronik lainnya.

Tidak hanya sebagai ladang garam dan sumber baterai, menurut European Satelit Agency (ESA) area ini cocok sebagai kalibrasi radar satelit altimeter. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang datar dan elevasi permukaan yang kurang dari 1 meter serta memiliki langit yang cerah.

Wilayah yang indah ini dan banyak dikunjungi wisatawan ini ternyata memiliki kondisi yang ekstrim dan para wisatawan harus memiliki persiapan secara fisik yang kuat. Kondisi yang kering dan cuaca yang ekstrim bisa mengakibatkan beberapa ketidaknyamanan fisik seperti mual, sakit kepala bahkan insomnia. Sangat dianjurkan agar para wisatawan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk ke Salar de uyuni. Seperti yang diungkapkan di nationalgeographic.com

At nearly 12,000 feet above sea level, visitors may experience altitude sickness if they haven’t properly acclimatized. Symptoms include nausea, headaches, and insomnia among others. Discuss various options for preventing and treating altitude sickness with your doctor before your trip

Walau wilayah yang ekstrim bagi manusia ini, Salar de uyuni memiliki ekosistem alam seperti kolibri langka, dan flamingo pink, dan banyak tanaman kaktus.Selain itu, tempat ini memiliki jalur kereta api mati. Dimana dulur jalur kereta ini digunakan penambang untuk distribusi hasil tambang. Akibat serangan penduduk setempat sehingga jalur ini tidak lagi beroperasi.

Mendengar keindahan dan keektriman wilayah ini. masih berminat kemari mengeksplorasi  dan menjelajahi wilayah ini bersama dengan kameramu ?

Source:
https://thriftynomads.com/how-to-visit-salar-de-uyuni-salt-flats-bolivia/
https://www.lonelyplanet.com/bolivia/attractions/salar-de-uyuni/a/poi-sig/1012130/363120
https://www.beautifulworld.com/south-america/bolivia/salar-de-uyuni/
https://curiosity.com/topics/salar-de-uyuni-is-the-worlds-largest-natural-mirror-curiosity/
http://www.vulkaner.no/n/vlad/eandes6.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s