Wanita jika berada di cermin dan mulutnya terbuka pasti sedang menggunakan maskara. Sebenarnya ini sesuatu yang simple dan kebanyakan orang tidak tahu mengapa bisa terjadi. Apakah itu hanya reflek, atau hanya sekedar kebiasaan di depan cermin ? Namun, ini tidak hanya masalah kebiasaan semata. Hal ini ada kaitannya dengan susunan anatomi dalam kepala manusia.

Maskara Face Pada Wanita

Maskara Face Pada Wanita

Kepala manusia memiliki struktur syaraf yang saling berkaitan dengan wajah. Syaraf yang ada di kepala dan berkaitan dengan gerak otot wajah diantaranya syaraf trigeminal, syaraf wajah dan syaraf oculomotor. Syaraf trigeminal dan oculomotor letaknya berdekatn dengan batang otak dan syaraf tersebut bisa saling bersilangan. Ketika syaraf okulomonor ini diaktifkan saat membuka mata lebar-lebar saat menggunakan maskara secara langsung syaraf trigeminal ini akan aktif dan membuat rahangmu terbuka disaat yang bersamaan. Seperti yang dikutip dari curiosity.com 

The trigeminal nerve and the oculomotor nerve originate really close together in the brainstem. The leading theory behind mascara mouth is that, to put it simply, those wires can get crossed. When you activate the oculomotor nerve to keep your eyes open to avoid making a mess of mascara or contacts, you end up activating the trigeminal nerve and opening your jaw. Bam, mascara mouth.

Hal yang sama juga dikemukan oleh ahli syaraf dari Rockefeller University Zeeshan Ozair dalam laman yang dikutip dari menalfloss.com bahwa tiga syaraf tersebut yaitu trigeminal, syaraf wajah dan oculomotor merupakan syarat yang memiliki sifat seperti penghubung. Syaraf Trigeminal bertugas sebagai penggerak otot mulut, syaraf oculomotor bertidak dalam menggerakkan bola mata dan syaraf wajah bertugas menggerakkan otot sekitar wajah seperti kelopak mata.

Tidak hanya itu, kondisi ini juga merupakan bentuk kebetulan fisiologis. Syaraf yang terkoneksi ini berkembang dari dalam inti otak yang berbeda dan disebut sebagai koneksi kolateral. Apabila salah satu bagian ini diaktiffkan maka bagian yang lain akan ikut aktif juga.

Mascara face may be a kind of physiological fluke. “In several people, connections”—called collaterals—“develop between these different brainstem nuclei,” says Ozair, who’s currently studying human-specific aspects of neural development and corticogenesis (cortical development). “As a consequence of these collaterals, when one nerve is activated, the other is as well.”

Source :
curiosity.com
mentalfloss.com
womanistic.net


1 Comment

Kupu-Kupu Dalam Perut, Fenomena Aneh Ini Sering Terjadi. · August 1, 2018 at 2:51 pm

[…] bisa dijelaskan dengan akal pikiran ? Sebelumnya kita membahas tentang sistem syaraf dalam artikel Kaitan Mascara dan Mulut Terbuka, kali ini bahasan yang sama dengan topik yang berbeda menjelaskan fenomena kupu-kupu dalam […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: