Gunung Mauna Kea merupakan gunung tertinggi di dunia, kok bisa ? Setiap pelajaran geografi, kita dikenalkan bahwa gunung tertinggi di dunia itu adalah gunung Everest. Mt. everest terletak di Nepal dengan ketinggian 8,844 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sejak lama dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia. Kemudian, setelah adanya penelitian baru para iluwan menemukan bahwa gunung Everest bukan lagi menjadi gunung tertinggi di dunia.

Saat ini gunung tertinggi di dunia itu dipegang oleh gunung di Hawaii bernama Mt. Mauna Kea. Gunung ini memiliki tinggi lebih dari 10.000 meter. Ketinggiannya sudah melebihi tinggi gunung Everest. Gunung ini terletak di kepulauan Hawaii dimana gunung ini merupakan gunung api yang tidak aktif. Puncak gunung ini memiliki kelembapan rendah, langit cerah, dan bebas dari polusi cahaya.

Jika gunung everest dihitung 8.844 Meter berdasarkan letaknya dari atas laut, tetapi gunung Mauna Kea dihitung berdasarkan tambahan jarak dari bawah laut pasifik. Jika ditarik dan dihitung permukaan gunung ini setinggi kurang lebih 6.000 meter dibawah laut dan ditambah kurang lebih 4.000 meter di atas laut. Seperti yang dilansir dari businessinsider.com

Everest stands 29,035 feet above sea level. Mauna Kea only stands 13,796 feet above seal level, but the mountain extends about 19,700 feet below the Pacific Ocean. Over half of it is submerged. That puts the total height of Mauna Kea at about 33,500 feet — nearly a mile taller than Everest.

gunung mauna kea dan gunung lain

terbentuknya gunung di bawah laut ini akibat dari gerakan dari lempeng tektonik di atas kepulauan Hawaii, sehingga menyebabkan keluarnya magma di dalam bumi. Terakhir gunung ini meletus 4,600 tahun yang lalu.

Fakta menarik dari gunung ini adalah puncak gunung ini memiliki langit yang cerah sehingga cocok untuk melihat matahari terbit atau bintang malam. Daerah lereng gunung ini digunakan oleh warga sekitarnya untuk daerah agriculture karena lahannya yang subur. Sedangkan di lereng atasnya tertutup salju pada musim dingin. Selain itu, wilayah ini letaknya diantara 3 pepohonan dan aplhine tundra. Di gunung ini juga terdapat obsevatory karena di puncak gunung ini kita bisa menikmati langit dengan jelas.

Gunung tertinggi di dunia dihitung tidak berdasarkan pada ketinggian di atas permukaan air laut. Kini dengan penelitian yang baru ternyata ada gunung yang tingginya malah di bawah laut. Masih tidak percaya dengan penemuan peneliti ini?

Source :
curiosity.com
www.businessinsider.com
geology.com
easyscienceforkids.com


1 Comment

NURUL · July 11, 2018 at 6:24 am

Baik. Gunung apakah yang lebih tinggi dari Everest?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: