French Fries Art

Darimana asal kata French Fries ? Ini Faktanya Dibaliknya

Siapa yang tidak mengenal kentang goreng renyah dan gurih ini. Ya, French Fries. Dari namanya orang banyak yang mengira makanan ini benar-benar dari negara Perancis. Tapi, jangan salah kata french ini masih menjadi misteri lho. Banyak claim dan dugaan tentang asalanya makanan ini.

French FriesSalah satu klaim yang masih kuat saat ini yaitu French fries ini berasal dari Belgia. Hal ini berasal dari orang dipedesaan sepanjang sungai Meuse yang terbiasa mengkonsumsi ikan yang digoreng, namun pada saat musim dingin di wilayah sungai Meuse ini membeku sehingga untuk mendapatkan ikan sangat sulit. Orang-orang di sekitar wilayah itu menggunakan kentang yang diiris tipis dan digoreng untuk dikonsumsi pada musim dingin.

Nama French fries ini bisa mendunia masih menjadi misteri. Ada banyak versi yang menceritakan tentang alasan mengapa kata ini bisa begitu populer. Menurut National Geographic Channel

Thomas Jefferson—possibly the first American foodie—is generally credited with introducing the French fry to America; and in his case the fries were definitely French, Jefferson having encountered them while serving as American Minister to France from 1784 to 1789…

Dikatakan bahwa Presiden Amerika Thomas Jefferson, sebelum menjabat sebagai presiden ia sempat menjadi Duta Amerika di Prancis tahun 1784-1789, selama 5 tahun itu ia membuat cacatan mengenai resep-resep masakan yang ia selama ia menjabat sebagai duta. Salah satu resep yang diterjemahkan yaitu kentang goreng yang ia kenal pommes de terre frites à cru en petites tranches yang artinya kentang yang mentah dipotong tipis dan digoreng.

Ketika ia kembali ke Amerika dan menjadi Presiden di tahun 1800. Tahun 1802 Presiden Jefferson mengadakan makan malam di Gedung Putih dan meminta Koki Perancisnya bernama Honoré Julien untuk membuat kentang dengan gaya Perancis.

Dukungan nama French Fries bisa didapat dari cerita Presiden Jefferson, nama tersebut benar-benar populer di tahun 1900an tapi masih menjadi misteri siapa yang mempopulerkan nama french fries. Menurut seorang linguis Stuart Berg Flexner bahwa istilah tersebut dikenal secara formal setelah akhir tahun 1920.

Orang Belgia yang merasa memiliki budaya memakan kentang goreng dengan gaya seperti french fries yang kita kenal, merasa perlu mengajukan petisi ke UNESCO agar french fries dijadikan sebagai ikon resmi bangsa Belgia. Bahkan di Belgia terdapat Museum French Fries pertama di dunia yang menjadi salah satu upaya mempertahankan makanan tersebut. Selain itu di Belgia juga menjadi negara yang mengkonsumsi kentang goreng terbanyak di dunia lho.

Siapapun yang mempopulerkan itu, atau siapapun yang memiliki masakan itu. Kita tetap senang kok karena french fries sudah dikenal dan makanan itu pun bisa kita nikmati sampai saat ini. Kamu juga senang kan ?

Source :

www.nationalgeographic.com
wonderopolis.org
www.todayifoundout.com
frenchly.us

COMMENTS

%d bloggers like this: