Bekerja Dengan Psikologi Sehat

Masih Galau Karena Kantor Tidak Kondusif ! Mau Menggunakan Boneka Voodoo ?

Bekerja menjadi sebuah tuntan yang harus dilakukan. Bagaimana jadinya jika kantor tempat bekerja tidak kondusif. Ya, biasalah namanya juga orang bekerja ada saja ‘drama-drama’nya. Kadang sesama karyawan saling berebut jabatan, sampai atasan yang tidak bisa menghargai karyawan. Ini yang bikin karyawan bisa saja hengkang sewaktu-waktu.

Bekerja Dengan Kondisi Kantor Yang Kondusif Dambaan Semua Orang.

Jika seperti itu perlu adanya audit internal untuk salling mengingatkan apakahh hal baik sudah dilakukan dalam pekerjaan sebegai seorang karyawan atau atasan. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan Google dalam audit internal yang dinamakan Project Oxygen menjelaskan ada 8 kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi atasan yang memberi dampak baik bagi karyawan dan pekerjaan.

  1. Apakah sebagai atasan sudah menjadi pelatih yang baik bagi karyawan ? Tidak hanya sebagai yang memerintah tetapi juga perlu memberikan contoh yang baik bagi karyawan.
  2. Memberdayakan team dan tidak terlalu membatasi karyawan. Berikan kebebasan kepada karyawan untuk bisa berkembang dan memberikan kontribusi terbaik dalam pekerjaannya namun tetap awasi dengan memberikan apresiasi terhadap hasil kerjanya.
  3. Menghargai setiap hasil kerja karyawan. Siapa yang mau jika harus dikritik terus menerus namun tidak memberikan apresiasi dari hasil kerja yang sudah dilakukan. Berikanlah apresiasi yang wajar dan jika memang harus mengkritik berikanlah kritik yang tidak menghakimi.
  4. Produktif dan berorientasi pada hasil.
  5. Komunikator yang baik.
  6. Membantu dalam pengembangan karir karyawan.
  7. Memiliki visi dan strategi yang jelas.
  8. Memiliki ilmu yang bisa dibagikan kepada karyawan yang belum ahli di bidangnya.

Sebaliknya bagi karyawan juga perlu bertindak dengan baik. Jika perusahaan sudah memberikan dampak posotif dari segi pekerjaan mengapa masih disalah gunakan. Bekerja berarti membangun team yang solid dan baik, jika atasan sudah baik namun bawahan tidak. Bagaimana team bisa berjalan dengan baik. Berikut beberapa kriteria untuk bisa dikatakan sebagai karyawan yang baik menurut team Google:

  1. Keteguhan dimana semua team bisa saling membantu satu sama lain dan bukan bekerja atas kemauan dan kepentinga sendiri.
  2. Struktur yang jelas mulai dari peran, pekerjaan dan operasional yang akan dilakukan, agar perkerjaan bisa terselesaikan dengan maksimal.
  3. Memahami makna pekerjaan yang dilakukan. Karyawan bisa memahami pentingnya pekerjaan itu dan kemampuan dirirnya bahwa ia bisa memberikan kontribusi yang baik di dalamnya,
  4. Dampak. Setiap karyawan perlu kepercayaan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan penting untuk team tersebut.
  5. Aman secara psikologis. Kondisi perusahaan yang mampu memberikan rasa aman secara mental kepada karyawannya akan membuat karyawan betah. Contohnya menghargai ide yang diberikan dan tidak menghakimi ide tersebut.

Namun apabila kondisi di dalam perusahaan tidak kondusif dimana karyawan dan atasan tidak bisa saling akur, karyawan membutuhkan ‘alat pembalasan’ untuk mengelaurkan segala uneg-unegnya. Hal ini didasarkan pada hasil studi yang dilakukan oleh Assistant Profesor dari Wilfrid Laurier University di Ontario Canada bernama Dr Lindie Liang  dari Lazaridis School of Business and Economics bahwa staff bisa menggunakan boneka voodo atau melempar paah pada gambar sebagai media untuk mengungkapkan kekesalan dengan atasan. 

Boneka Voodoo Sebagai Media Pelampiasan Bekerja

Menurutnya hal itu bisa memberikan dampak baik bagi psikologis karyawan atau staff. Seperti yang dikutip dari telegraph.co.uk 

it may not have to be a voodoo doll per se: theoretically anything that serves as a symbolic act of retaliation, like throwing darts at a picture of your boss, might work.

Media apapun bisa digunakan sebagai bentuk simbol kekesalan pada atasan, dan hal ini dkatakan sangat baik bagi psikologis staff di dalam kantor.
Karyawan dan atasan seharusnya bisa saling mengisi satu sama lain agar team tetap bisa berjalan dengan baik, tapi jika maka team tidak bisa berjalan dengan baik dan sebagai hasilnya pekerjaan tidak maksimal. Namanya juga perusahaan satu dengan yang lain berbeda ketentuan menjadi baik akan sangat subjectif tergantung dari bagaimana kita memandang. Namun, jika kondisi sudah tidak kondusif pelampiasan untuk kesehatan psikologis perlu dilakukan. Masih mau gila di tempat kerja  ?
Source :

COMMENTS (1)

  • comment-avatar

    […] Prinsip pareto ini mungkin jarang ada yang dengar. Tapi, aplikasinya mungkin banyak yang tahu. Prinsip ini menggunakan metode 80/20 dimana 20 % aktifitas yang kamu lakukan akan menghasilkan 80% dari hasil kerja itu. Istilah ini dipakai dalam kinerja orang-orang yang berkerja di kantor Google. Cara ini juga bisa digunakan sebagai cara agar lebih produktif lho […]

  • %d bloggers like this: