Tips Membaca Bill Gates

Siapa Bilang Membaca Itu Membosankan? Kalau Kamu Tahu Manfaatnya Pasti Berbeda.

Membaca identik dengan kegiatan yang membosankan, itu kata sebagian besar orang. Jika ditanya “kamu lagi apa?” dan kita menjawab “lagi membaca.” Langsung deh kita dibilang kutu buku atau kok ngebosenin banget. Tapi jangan salah lho, membaca buku itu banyak manfaatnya. Bahkan orang sekelas Bill Gates yang notabene orang paling kaya dan hebat di dunia masih punya waktu buat membaca bahkan dalam sebuah wawancara Bill Gates mengatakan mampu membaca 50 buku dalam 1 tahun.

Manfaat Membaca

Banyak manfaat yang di dapat dari membaca selain menambah ilmu pengetahuan membaca mampu memberikan manfaat lain seperti

Meningkatkan Kekuatan Memori

Dalam membaca dituntut untuk mengingat kosakata, situasi, karakter bahkan urutan alur. Jika kita tidak mampu mengingat detail tersebut, tidak akan mungkin kita memahami isi buku tersebut dengan baik. Untuk mampu memahami isi buku, tentu saja diperlukan daya ingat yang baik untuk mengingat situasi atau alur sebelumnya sebelum kita meyimpulkan.

Meningkatkan Kemampuan Analisis.

Setelah kita memahami isi dari buku yang kita baca, tentu saja kita akan menganalisis isi dari buku tersebut dan menyimpulkan apakah isi buku tersebut masuk akal atau tidak. Dengan membaca kita bisa meningkatkan kemampuan analisis tidak hanya saat membaca tetapi juga untuk kehidupan yang nyata.

Peningkatan Fokus dan Kosentrasi

Bayangkan saja jika kita tidak kosentrasi atau fokus pada apa yang dibaca, apa mungkin kita bisa memahami isi bacaan tersebut ? tentu saja tidak. Dalam membaca kita dituntut untuk mampu fokus dan berkosentrasi untuk bisa mendapatkan maksud dan garis besar dari bacaan tersebut. Hal ini baik jika dilakukan secara rutin sehingga tidak hanya membaca, kita bisa menerapkan untuk fokus dalam hal lain yang bermanfaat.

Menyehatkan Mental

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan membaca mampu memperlampat laju penyakit Demensia dan Alzeimer. Membaca memberikan rangsangan pada otak untuk tetap aktif dan menjaga agar mental serta otak menjadi lebih sehat,

Lalu bagaimana cara Bill Gates bisa membaca 50 judul buku dalam satu tahun. Diketahui bahwa Bill gates memang suka membaca disela-sela waktu istirahatnya. Ia selalu menyediakan satu jam waktunya untuk membaca bukunya. Ketika ia melakukan perjalanan ia akan membaca buku bacaan beserta note untuk menulis. Berikut Tips yang bisa dicontoh dari caranya membaca.

ITips Membacca Ala Bill Gates

Membuat catatan dari apa yang dibaca : Bill Gates akan menggaris bawahi buku yang ia baca jika ada pengetahuan baru yang didapatkan. Hal ini akan memudahkannya dalam mencarinya jika suatu saat dibutuhkan.

Selesaikan apa yang sudah dimulai : Bill Gates akan menghabiskan buku yang ia baca sebelum membaca buku yang baru. Ia melatih dirinya untuk disiplin dalam melakukan hal apapun termasuk membaca. Jika ia buru-buru mengganti dengan buku bacaan baru, ia mungkin akan kehilangan apa yang ingin disampaikan dalam bacaan tersebut.

Menggunakan Buku bukan E-book : Tentu saja ini alasan buku lebih mudah dicoret dan digaris bawahi dibanding dengan e-book.

Sediakan Waktu Untuk Membaca Setidaknya Sejam : Dia menyadari bahwa kemampuan orang untuk fokus dan berkosentrasi sangat terbatas. Jadi ia menggunakan waktu ‘terbaik’nya untuk membaca selama satu jam.

Kalian yang masih berfikiran membaca adalah kegiatan yang membosankan, setelah tahu bahwa orang-orang besar lebih banyak menggunakan waktu mereka untuk membaca apakah masih berfikiran seperti itu ? Tidak hanya Bill Gates, tokoh penting lainnya seperti Barrack Obama, Oprah, pendiri sepatu Nike Phil Knigh juga menggunakan waktu untuk membaca. Masihkah kamu menyimpan buku-bukumu di gudang lagi ?

Source :
www.lifehack.org
time.com
www.openculture.com
curiosity.com

COMMENTS (2)

  • comment-avatar

    […] batching dibanding dengan multitasking. Batching sendiri juga dilakukan oleh orang sekelas Bill Gates dan Waren Buffet dalam mengatur pekerjaan mereka. Mereka setidaknya memiliki waktu satu jam setiap […]

  • comment-avatar

    […] Buku Siapa bilang membaca itu buat orang kutu buku saja. Kegiatan membaca ini bisa menajamkan ingatan dan melatih imajinasi. Kegiatan membaca banyak […]

  • %d bloggers like this: