Fenomena sosial juvenoia memang jarang didengar namun pertanyaan mengenai ada yang salah dengan generasi saat ini berhubungan dengan istilah ini. Juvenoia menjurus pada keyakinan bahwa generasi saat ini lebih buruk dibanding dengan generasi sebelumnya. Istilah ini ditemukan oleh sosiolog David Finkelhor yang mengungkapkan bahwa Juvenoia merupakan ketakutan besar yang dirasakan oleh remaja pada orang yang lebih tua darinya.

Hal ini terjadi karena adanya kepanikan dari orang tua atau orang dewasa mengenai prilaku dan kecenderungan dari generasi muda sekarang. Terlebih lagi ketakutan akan dunia sosial yang semakin luas ditambah pengaruh tekhnologi yang cepat membuat sebagian anak muda lebih cepat mendapatkan informasi melampaui orang di generasi sebelumnya. Tindakan tersebut tidak jarang membuat orang tua menjadi sangat membatasi ruang gerak anak remaja.

Generasi sekarang melihat diri mereka lebih berhak menentukan keinginan mereka, berbeda dengan generasi sebelumnya yang menganggap hak yang dilakukan oleh generasi sekarang mengacu pada keburukan dan tindakan yang tidak baik. Hal ini bisa disebabkan adanya ketidaksiapan dan juga mindset yang mengatakan bahwa generasi sekarang seharusnya mencontoh generasi sebelumnya. Selain itu generasi sebelumnya menganggap bahwa pilihan generasi sekarang lebih ekstrim seperti gaya berpakaian, selera musik, bahkan pilihan gaya hidup dan kehidupan sosial mereka.

Pendapat ini juga dikemukakan oleh George Orwell yang dikutip dari curiosity.com

“Every generation imagines itself to be more intelligent than the one that went before it, and wiser than the one that comes after it.

Setiap generasi di depan menganggap diri mereka lebih cerdas, sedangkan generasi sebelum menganggap lebih bijaksana dari generasi di depan. Generasi sekarang menganggap bahwa generasi sebelumnya terlalu kuno dan kaku. Adapula pihak yang mengatakan bahwa fenomena dari generasi sekarang dipicu oleh efek narsisme yang didapat dari media tekhnologi. Sayangnya anggapan ini tidak terbukti.

Fenomena sosial ini sudah ada jauh sebelum era milenium. Hal ini bisa dilihat dari karya Bill Moulding pada Life magazine yang terbit tahun 1950an. Dalam karyanya ia menuliskan

Every Generation Has Its Doubts about the Younger Generation.”

Ia mengambarkan orang tua yang memandang curiga pada orang yang usianya lebih muda.

Kartun Juvenoia : Sebuah Fenomena Sosial

Juvenoia menjadi buah dari ketidaksiapan terhadap perubahan sosial dan budaya yang terjadi pada generasi setelahnya. Generasi kedepan akan lebih banyak bersinggungan dengan produk-produk teknologi dan bentuk budaya yang berbeda, sehingga generasi sebelumnya akan menganggap tindakan atau respon mereka menjadi sikap liar. Ketidaksiapan ini bisa memicu adanya sikap tertutup hingga pengekangan orang tua terhadap anak remaja. Pengekangan tersebut akan mengakibatkan anak dari generasi setelah orang tua menjadi lebih sensitif dan pemberontak.

Jika dilihat lebih lanjut, generasi sekarang yang lebih bersinggungan dengan model dan bentuk baru dari sebuah budaya menghasilkan keterbukaan terhadap adanya pembaharuan. Pembaharuan disini lebih pada kearah kemajuan dari sisi informasi sehingga kesalahan atau kesalahan dari generasi sebelumnya bisa diperbaiki pada generasi setelahnya.

Di Amerika yang populasinya mencapai 300 juta jiwa mendapati bahwa 12% generasi baru berkurang dalam hal tindakan kriminalitas dan pengurangan aktifitas yang bersifat negatif dari 20 tahun sebelumnya. Ini bisa menjadi tanda bahwa generasi kedepan bisa membawa dampak positif dan bisa beradaptasi dengan bentuk budaya yang baru.

Tantangan yang perlu disiapkan yaitu bagaimana menjadi menciptakan generasi yang bisa bertahan dengan bentuk budaya yang mudah berubah sekaligus pembelajaran untuk lebih bijak dalam mendidik generasi setelahnya. Alih-alih mengajarkan kompetisi untuk menunjukkan siapa yang terbaik, mencoba membuka diri dan mendidik generasi kedepan untuk bisa bertahan hidup sesuai dengan jamannya.

Source :

time.com
www.forbes.com
www.theodysseyonline.com
www.forbes.com

Categories: Society

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: